Tanya Dokter

  • Solusi atasi anak rewel akibat batuk berdahak disertai demam

  • Assallamu allaikum dokter .. .. anak saya usia 6 buln 4hr .. Awalnya anak saya demam 1hr 1mlm kemudian batuk berdahak.sudah saya bawa ke dokter di periksa dan di kasih obat .. demam.nya sudah sembuh .. .. tapi batuk nya masih belom mendingan juga dok . . . Malah sampai muntah muntah ..sudah saya kasih asi sesering mungkin agar tidak dehidrasi .. Dan rewel terus .. tidur ngga nyenyak krna sering batuk .. apa ada solusi yg bisa saya lakukan di rumah dok ?? Dgn di kasih apa ? Jus buah ato apa biar cepet keluar dahak.nya dok ?

    Halo Ibu Enny,terimakasih telah menggunakan jasa konsultasi alodokter. Keluhan anak anda yang berupa batuk disertai muntah dan demam dapat dipengaruhi beberapa faktor,misalnya riwayat alergi pada anak anda yang belum diketahui,makanan,cuaca dingin dan debu,dapat juga dipengaruhi oleh infeksi virus (dapat menyebabkan flu),batuk rejan,bronkopneumonia (peradangan pada paru),peradangan pada bronkus/saluran pernapasan.
    Beberapa penanganan sementara untuk meredakan batuk anak anda adalah:
    1. Memperbanyak cairan (termasuk yang anda lakukan yaitu pemberian ASI,tetapi hendaknya cairan jangan diberikan saat anak anda sesak napas)
    2. Memberikan makanan lunak/jus sebagai pendamping.
    3. Hindari pemberian obat apapun pada anak tanpa konsultasi ke dokter.
    4. Mengatur suhu sekitar agak tidak terlalu hangat ataupun dingin,sehingga anak anda dapat nyaman.
    5. anda dapat membantu dengan mengoleskan minyak telon di bagian dada anak anda,diharapkan jangan memberikan obat-obatan herbal ke anak anda saat ini karena usianya baru 6 bulan.
    Segera konsultasikan ke dokter spesialis anak jika anak anda mengalami batuk tidak membaik setelah 5 hari, demam tinggi, sesak napas, mual, muntah terus menerus. Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,dr. Celleen