Tanya Dokter

  • Mengatasi batuk tidak berdahak dan panas dingin

  •  Erwin Dwi
    Anggota
    dok sya mau tanya, sya suda sakit hampir 1 bulan. di minggu pertama sampai k dua di awali batuk" tdk berdahak kemudian di minggu selanjutnya sya merasakan panas dingin dan pusing kepala, tapi di jam jam tertentu saja. kenapa ya dok?

    Halo Erwin.....

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika kita fokuskan kepada batuk yang Anda alami, dimana hal ini sebenarnya merupakan respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran pernafasan jika terdapat gangguan dari luar, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal.

    Batuk yang Anda alami dengan disertai gejala panas - dingin, Pusing kepala dan lain sebagainya dapat disebabkan oleh : infeksi virus atau bakteri pada saluran Pernapasan, Peradangan pada paru-paru / pneumonia, tuberkulosis atau TBC, bronkitis / peradangan pada saluran paru-paru utama, dan lain sebagainya.

    Oleh karena kondisi yang Anda alami sudah terjadi selama kurang lebih satu bulan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes dahak, rontgen dada, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati