Tanya Dokter

  • Batuk pilek saat hamil

  •  Poepoedht
    Anggota
    Dok saat usia kandungan saya 39 minggu. Dan mgkn itu adalah usia dmn sudah mendekati masa persalinan. Tapi sejak tadi malam saya batuk & pilek dok. Disertai demam jg. Bidan memberikan obat batuk OB Herbal kpd saya. Apakah obat itu aman dok buat janin saya? & bagaimana menyembuhkan batuk pilek dgn segera? Saya takut nanti nya jika sudah masuk waktu persalinan kondisi saya masih seperti ini. Terima kasih dok..
    Poepoedht  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Poepoedht,

     

    Baik batuk ataupun pilek merupakan hal yang pernah dialami oleh semua orang tidak terkecuali oleh wanita hamil. Batuk dan pilek disebabkan karena adanya gangguan pada saluran pernafasan bagian atas yang dapat disebabkan karena adanya infeksi flu atau alergi, atau disebabkan karena adanya iritasi akibat partikel tertentu yang masuk melalui saluran nafas.

     

    Obat yang anda sebutkan merupakan obat yang digunakan dengan tujuan untuk mengencerkan dahak dan penggunaan obat ini relatif aman untuk digunakan pada wanita dalam keadaan hamil.

     

    Namun sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter spesialis kandungan tempat anda melakukan pemeriksaan sehingga dapat dilakukan pemeriksaan serta evaluasi terhadap kondisi kehamilan yang sedang berlangsung dan dapat diberikan pengobatan untuk mengatasi batuk dan pilek yang sedang anda alami.

     

    Umumnya apabila penyebab dari batuk dan pilek adalah alergi, keluhan tersebut dapat menghilang dalam beberapa menit apabila partikel alergen sudah hilang dari saluran nafas bagian atas. Pada infeksi virus influenza, batuk atau pilek dapat sembuh dalam waktu 1 sampai dengan 2 minggu dan pengobatan dilakukan untuk mengatasi keluhan yang sedang berlangsung.

     

    Pada kondisi kehamilan mendekati usia kehamilan sebaiknya diperhatikan juga tanda-tanda dalam terjadinya persalinan diantaranya :

    • Terjadinya kontraksi perut yang semakin lama semakin sering dan kuat
    • Pecahnya ketuban 
    • Terdapatnya lendir disertai dengan darah 

     

    Beberapa anjuran yang dapat anda lakukan diantaranya dengan menghindari minuman dingin dan makan gorengan untuk sementara waktu, hindari pajanan faktor alergi apabila memiliki riwayat alergi, beristirahat dengan cukup, mengkonsumsi makanan yang bergizi terutama sayur dan buah-buahan untuk menambah asupan nutrisi dan mempercepat proses pemulihan serta jauhi paparan asap rokok.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi