Tanya Dokter

  • Batuk disertai sesak nafas

  • Selamat pagi dok! Saya Tian, Saya mau nanya 2 tahun lalu saya terkena TB dan sudah dirawat hampir 2 bulan lalu, setelah saya keluar rumah sakit, penyakit saya jadi menjadi batuk tidak sembuh dari tahun yang lalu sampai sekarang,cuman tidak mengeluarkan darah lagi dok, cuman disaat saya batuk saya sesak nafas dok, dan saya jalan 3 menit saja sudah sesak nafas disertai batuk dok, itu kenapa ya dok! Mohon pencerahanneya dok.. Sebelumnya Terima Kasih dok.

    Halo Tian, Jika Anda sudah yakin bahwa TB Anda sudah sembuh total, maka berikut adalah kemungkinan penyebab batuk berkepanjangan atau batuk kronik yang disertai sesak napas :

    Sebaiknya Anda memeriksakan diri kembali ke dokter spesialis paru Anda. Dokter akan mengidentifikasi apakah penyebab dari keluhan Anda saat ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan meminta Anda untuk kembali melakukan pemeriksaan darah, analisa sputum, foto XRay, dan spirometri kembali. Setelah mengetahui penyebabnya maka dokter akan memberikan penanganan yang sesuai. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan :
    • Menghindari udara yang terlalu dingin
    • Menggunakan masker bila berpergian
    • Cukup beristirahat
    • Makan tepat waktu
    • Hindari merokok dan terpapar asap rokok
    Silahkan membaca artikel Alodokter tentang batuk dan sesak napas Semoga membantu, dr. Tri  

    Maaf dok mau nanya sekali dok...Batuk saya kluar air liur, tapi tidak belendir dok cuman air liur biasa,.dan juga tidak berdarah dok, trus nafsu makan saya kuat dok,berat badan saya ideal, Umur 25 ,Tinggi 172, Berat 72 Kg.. Menurut dokter itu terkena asma atau kanker paru2 dok,.mohon pencerahannya lagi dok.. Sebelumnya terima kasih dok..

    Halo, Untuk memastikan apakah yang terjadi dengan Anda, sangat disarankan untuk kembali memeriksakan diri ke dokter. Karena penyakit asma dan kanker paru hanya dapat ditegakkan dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Salam, dr. Tri

    Muhammad Fristian Cules  Bent
    Anggota

    sesak yang berkepanjangan.apa obat dok.?