Tanya Dokter

  • Solusi atasi batuk terus menerus disertai sesak nafas

  • Salam,

    Dokter terimakasih atas jawaban dari pertanyaan saya kemarin, saya mau menanyakan kembali.

    Ibu saya sudah lama mempunyai riwayat sesak napas sekitar 3 tahunan , sudah pernah periksa kedokter kata dokter itu gejala asma dan sudah rutin meminum obat sesak napas. Tapi beberapa bulan terakhir, penyakit sesak napas ibu saya semakin parah ditambah batuk berdahak yang terus menerus sampai ibu saya mengeluh perutnya sampai sakit. Apabila kelelahan ibu saya langsung batuk dan sesak napas. Setiap mencium bau yang menyengat seperti asap pembakaran sampah, bau penggorengan bahkan bau masakan kadang langsung sesak napas. Beberapa kali sudah periksa kedokter kata dokter penyakitnya masih sama yaitu gejala asma.

    Apakah langkah yang harus ibu saya lakukan? apakah harus terus meminum obat sesak napas saja atau harus periksa ke dokter spesalis penyakit dalam ? Apakah ada beberapa makanan yang harus ibu saya konsumsi/hindari ?

    Terimakasih

    Halo Diah, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

     

    keluhan sesak napas merupakan keluhan subjektif yang harus dilakukan pemeriksaan segera. Karena sesak napas terjadi jika adanya ketidakcocokan antara kebutuhan oksigen yang dibutuhkan tubuh dengan oksigen yang dapat masuk ke dalam tubuh. Keluhan sesak napas merupakan keluhan yang cukup luas, maksudnya masih dapat disebabkan oleh berbagai hal dapat berasal dari saluran napas namun dapat juga merupakan adanya gangguan dari sistem tubuh yang lain. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan adanya keluhan sesak napas adalah sebagai berikut: 

    • Asma

    • Infeksi saluran napas seperti pneumonia

    • Adanya kondisi penyempitan lama pada paru atau dikenal sebagai COPD/ PPOK  (Penyakit Obstrukstif lama pada Paru)

    • Adanya gangguan pada jantung

    • Adanya gangguan pada ginjal 

    • Kondisi alergi terhadap obat-obatan atau jenis makanan tertentu. Tapi tentu sesak napas yang terjadi cukup berat dan membutuhkan penanganan segera

    • Adanya tumor pada saluran napas

    • Adanya penyempitan pada saluran napas

    • Adanya gangguan pada saluran cerna misalnya pada penyakit asam lambung, dimana asam mengiritasi saluran napas. Selain sesak napas, batuk, gejala yang muncul juga dapat berupa adanya rasa terbakar sekitar dada

    • danya gangguan kecemasan dimana adanya tekanan secara psikis atau stres

    Pada kasus ibu Anda dimana menjadi sesak napas karena adanya pemicu asap dapat dipikirkan adanya alergi atau iritasi karena asap tersebut dan terjadi sesak napas. Yang paling mendekati dari kondisi ini adalah adanya asma atau adanya penyakit obstruksi paru. Namun, tentu kondisi lain masih sangat mungkin terjadi. Sehingg sangat disarankan untuk dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter kembali. Perlunya pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan rontgen thorak, pemeriksaan darah dan lain sebagainya sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan yang menyebabkan kondisi ibu Anda, dengan demikian dapat dilakukan penanganan yang sesuai dengan kondisi ibu Anda demi mencegah terjdinya komplikasi lebih lanjut. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi