Tanya Dokter

  • Penyebab batuk tak kunjung sembuh

  • dok, saya batuk sudah lama, terkadang hilang, namun saat terkena asap di luar batuknya kambuh dan susah berhenti, itu kenpaya?

    Halo Frinanta......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya batuk yang berkepanjangan, paling sering disebabkan oleh karena batuk alergi. Dimana alergi sendiri disebabkan oleh karena reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan dalam memberikan perlawanan teradap benda asing yang terkadang tidak berbahaya ( seperti : debu, asap, polusi, serbuk Sari, bulu hewan, kutu kecil, jamur, makanan atau minuman tertentu, dan lain sebagainya ).

    Akan tetapi selain oleh karena batuk alergi, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh karena hal yang lain, diantaranya adalah : tuberkulosis atau TBC, pneumonia === peradangan pada paru-paru, bronkitis === peradangan pada saluran utama paru-paru, efek samping obat - obatan tertentu yang rutin dikonsumsi, penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru.

    Cobalah atasi gagal ini terlebih dahulu dengan cara : menghindari semua hal yang Anda ketahui dapat menyebabkan batuk seperti salah satunya asap ( pakailah masker pada saat berpergian ), minum air putih minimal 2 Liter perhari, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, perbanyak makan buah dan sayur, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, tidur dan istirahat yang cukup, jangan merokok dan jauhi asap rokok.

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara di atas kondisi batuk yang Anda alami masih saja terjadi dan sudah sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut ( seperti : pemeriksaan fisik, tes darah, rontgen paru, dll. ), sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    BATUK

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati