Tanya Dokter

  • Batuk yg bercampur riak darah

  • Selamat siang dok.. Awal mula saya sakit diakibatkan ayah saya yg semula sakit batuk,dan setelah itu saya pun mengalami sakit yg sama dan akhirnya saya pun membeli obat bisolvon dahak batuk obat yg saya pakai membuat batuk saya memang rada berkurang melainkan sudah seminggu ini batuk dan nyeri didada saya masih terasa sakit dok,,dan batuk mengeluarkan riak yg bercampur dengan darah tenggorokan yg terasa perih dan dada terasa nyeri,, Apakah saya sakit paru2??dengan history kesehatan saya pernah merokok aktif dok bagaimana menurut dokter... Terima kasih...

    Halo Yanti.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa batuk yang bercampur dengan Dahak disertai darah atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai hemoptisis, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal.

    Berikut ini beberapa kondisi yang dapat menyebabkan hemoptisis, diantaranya adalah : bronkitis === peradangan pada saluran pernapasan utama paru-paru, batuk yang berkepanjangan, tuberkulosis atau TBC, pneumonia === peradangan pada paru-paru, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, dan lain sebagainya.

    Untuk mengetahui penyebab pasti yang menimbulkan kondisi ini, dan jika batuk yang disertai dengan dahak bercampur darah masih saja terjadi, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes dahak, rontgen dada, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Tips untuk ANda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, minum air putih minimal 2 Liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat dan bergizi mudah telan seperti sop ayam atau bubur ayam, stop merokok dan jangan minum minuman keras, hindari asap rokok.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    HEMOPTISIS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati