Tanya Dokter

  • Bau amis pada tenggorokan

  • Dok saya mau tanya, saya sering merasa bau amis pada tenggorokan saya dan terkadang seperti ada yg mengganjal pada tenggorokan saya, mohon dibantu dok, terima kasih☺

    Halo, Keluhan yang Anda rasakan tidak spesifik dan perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter secara langsung. Bau amis pada tenggorokan dapat berkaitan dengan napas yang terasa berbau tidak enak, dapat merupakan akibat dari makanan yang kita makan, tetapi dapat juga disebabkan oleh penyakit lain yang lebih serius. Gejala-gejala lain yang menyertai seperti ada tidaknya batuk, nyeri tenggorokan, nyeri ulu hati, mual, gejala kencing manis, gangguan buang air kecil dapat membantu dokter dalam mengetahui penyebab bau amis tersebut. Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan napas berbau amis adalah:

    Faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan napas yang berbau adalah hygiene mulut yang kurang baik, merokok, minum alkohol, dan makan-makanan yang beraroma tajam. Konsultasikan dengan dokter jika selain bau amis dan rasa mengganjal di tenggorokan, Anda mempunyai keluhan yang lain seperti:
    • sakit di dada, merasa ada benjolan di kerongkongan saat menelan, sensasi terbakar di ulu hati, batuk kering, sakit tenggorokan, suara parau (gejala penyakit GERD)
    • penurunan berat badan, lemas, mudah lelah, lapar terus dan haus terus (gejala penyakit kencing manis)
    • penurunan berat badan, hilang nafsu makan, bengkak di kaki, gangguan buang air kecil (gejala gagal ginjal)
    • mual, muntah, letih, kulit dan mata berwarna kuning, kulit gatal (gejala gangguan liver)
    Dokter akan melakukan tanya jawab mengenai riwayat gejala, melakukan pemeriksaan fisik termasuk pemeriksaan di tenggorokan dan pemeriksaan tambahan seperti tes darah, USG jika diperlukan. Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar