Tanya Dokter

  • Mengatasi bau mulut

  •  sarahananta
    Anggota
    dok tolong bantu saya, saya mengalami bau mulut udah lama bgt dok. saya rasa semenjak saya pakai behel mungkin 6 tahun yg lalu. dok saya bibgung bau mulut berasal dari mana. saya sudah berkali2 ke dokter gigi katanya gigi saya bagus dan lidah sy ga berjamur. amun, yang saya rasakan dan lijat bajwa lidah saya sangat kotor dok berbulu dan kuning bisa dikerok, dan timul bintil merah besar banyak dilidah. saya sudah pakai pengerok lidah, daun sirih, kayu manis, lemon, namun tidak ampuh. apa harus rutin berapa bulan gt dok penyembuhannya? saya yakin saya gaada penyakit dalam. saya jadi ga pede dok tolong:(((((((

    Salam,

    Adanya bau mulut yang sudah berlangsung  lama dan sudah berkali-kali Anda konsulkan ke dokter mulut, seharusnya bila ada kondisi khusus penyebab bau mulut, dokter gigi sudah dapat mengetahui resiko yang ada pada rongga mulut anda. Dengan demikian, kemungkinan lain perlu dipertimbngkan.

    Bila bau ini hanya Anda yang mengetahui, namun teman Anda atau orang disekitar Anda tidak membau hal aneh dari mulut Anda, maka adanya gangguan pada rongga hidung Anda perlu dipertimbangkan.

    BEberapa penyebab bau mulut adalah:

    1. lubang gigi

    2. hygienitas rongga mulut yang jelek

    3. pamakaian behel (bila bau mulut dimulai setelah behel dipasang, perlu dipertimbangkan untuk melepasnya bila gangguan pada gigi geligi telah teratasi)

    4. radang tenggorokan

    5. radang amandel

    6. kebiasaan makan makanan dengan cita rasa kuat

    7. infeksi pada rongga mulut

    8. ganguan lambung

    Sebaiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter gigi dan mulut Anda untuk pemeriksaan ulang, atau meminta second opinion dengan dokter gigi lain untuk meminta pendapat terhadap keluhan yang Anda alami. Bila diperlukan, pemeriksaan dan evaluasi ke dokter bila Anda mempunyai keluhan berkaitan dengan rongga hidung Anda.

    Perawtan dan pengobatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan sementara ini sampai peneybab keluhan Anda diketahui, Anda dapat menggunakan obat kumur atau spray penyegar rongga mulut pada saat Anda merasa bau mulut mulai meningkat dan mengganggu.

    Hindari makanan pedas, mie, bakso, soda, makanan dan minuman yang manis untuk mengurangi pembentukan bau mulut.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga bau mulut.

    dr. Ulfi