Tanya Dokter

  • Napas dan mulut bau akibat merokok

  •  Idar Yani
    Anggota

    Selamat pagi alodokter, Saya mau ty ma Mr/Mrs. Dokter nich, Obyeknya : saya perokok akut dan peminum alkohol serta sari aren (tuak )mungkin dalam seminggu harus 4 hari harus konsumsi minuman tsb dibarenggin rokok yang non stop dihisap. Pertanyaannya : NAPAS DAN BAU MULUT SAYA JIKA PAGI BANGUN TIDUR SANGAT ABU SKALI ?DOK,padahal kita udah pakai cairan kumur mextril gitu deh, tetap juga tak hilang dan keringat badan juga BAU. Pertanyaan : Bagi bantu solusi dong DOK,gimana kita biar mengatasi msh diatas.

    Saya ucapkan terima kasih.. Marthien

    Halo, Bau mulut, atau disebut dengan halitosis, dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan mulut, atau dapat pula menjadi tanda masalah kesehatan lain. Bau mulut juga dapat diperburuk dengan makanan tertentu, dan kebiasaan hidup yang tidak sehat. Makanan mempengaruhi bau mulut dengan mekanisme berikut ini. Pada dasarnya, makanan yang dimakan dihancurkan, kemudian diserap, dan masuk kedalam pembuluh darah. Sari makanan dalam pembuluh darah tersebut juga dibawa menuju ke paru dan mempengaruhi bau napas. Makanan dengan aroma yang kuat, walaupun sudah menyikat gigi, membersihkan dengan benang, bahkan berkumur dengan cairan kumur, hanya menutupi bau sementara. Bau tersebut tidak akan hilang sempurna hingga makanan tersebut benar-benar habis dari dalam tubuh. Kebiasaan yang menyebabkan bau mulut adalah sebagai berikut:

    • Tidak menyikat gigi dan membersihkannya dengan benang gigi menyebabkan partikel makanan menetap pada mulut dan menjadi bahan pertumbuhan bakteri diantara gigi, sekitar gusi, dan pada lidah
    • Jika gigi tidak disikat dengan baik, bakteri penyebab  bau dan partikel makanan yang tertinggal dapat menyebabkan bau mulut
    • Merokok atau mengunyah produk yang mengandung tembakau dapat menyebabkan bau mulut, noda pada gigi, mengurangi kemampuan merasa pada lidah, dan mengiritasi gusi.
    Menghalau bau mulut tidak sedap Kenali penyebab bau mulut tidak sedap dengan cara mengatasinya Berikut langkah yang dilakukan untuk mencegah bau mulut:
    • Menerapkan kebiasaan mulut bersih. Menyikat gigi sehari 2 kali dengan pasta gigi yang mengandung flouride. Menyikat gigi sesudah makan, dan tidak lupa untuk menyikat lidah juga. Sikat gigi diganti setiap 2 atau 3 bulan. Gunakan benang pembersih gigi minimal satu kali sehari. Berkumur dengan cairan kumur antibakteri minimal 2 kali sehari.
    • Mengunjungi dokter gigi secara teratur
    • Berhenti merokok dan mengunyah produk berbahan tembakau
    • Minum air putih dalam jumlah cukup akan menjaga kelembapan mulut. Mengunyah permen karet bebas gula, merangsang produksi air liur, sehingga membantu menyingkirkan bakteri dan partikel makanan. Permen karet yang paling baik mengandung xylitol.
    Jadi begini cara menghilangkan bau badan yang tepat Mengusir bau badan Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha