Tanya Dokter

  • Penyebab bawah perut terasa nyeri menjalar hingga vagina

  •  Faseh
    Anggota
    Malam dok, pacar saya mengeluh terasa sakit di bagian bawah perut nya, tepat nya di dalam di atas vagina nya, sakit dan kram kadang muncul dan hilang begitu saja, kejadian nya mulai dari hari jum'at kemarin. Katanya " kadang2 suka kerasa nyeri kaya kram, tapi gak kaku, sampe2 buat jalan aja sakit" mohon solusi nya dok 😔

    Salam,

    Adanya keluhan nyeri pada perut bawah dan terasa sampai ke arah vagina kemungkinan dapat disebabkan oleh peradangan pada usus, baik usus besar ataupun pada usus buntu. Kondisi ini dapat memicu keluhan nyeri yang menyebar ke berbagai sisi, baik sisi perut kanan bawah, bawah pusar, sakit pinggang, sampai daerah dubur dan vagina. Namun hal ini perlu dipastikan dengan pemeriksaan oleh dokter keluarga, atau dokter kandungan ataupun dokter penyakit dalam.

    Beberapa kondisi di bawah ini juga dapat menyebabkan keluhan sakit pada perut bawah dan menjalar pada daerah vagina, seperti:
    1. kista bartolini, atau terbentuknya infeksi sampai nanah pada sekitar bibir vagina

    2. infeksi pada vagina

    3. rahim yang turun

    4. kista ovarium

    5. endometriosis atau adanya pertumbuhan abnormal jaringan endometrium di luar rahim

    6. infeksi pencernaan

    Dengan berkonsultasi sedini mungkin, maka dokter dapat melakukan pemeriksaan dan mengetahui penyebab keluhan ini, dokter juga dapat merencankan pemeriksaan penunjang yang diperlukan, seperti pemeriksaan darah, dan pemeriksaan USG.

    Pengobatan dan perawatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu dilakukan oleh pasien adalah menghindari tidur larut malam, istirahat yang cukup, serta menghindari makanan pedas, mie, bakso, kopi.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi

     dan penyakit-usus-buntu.

    dr. Ulfi