Tanya Dokter

  • Benarkah bawang putih bisa menghilangkan jerawat?

  • apakah benar bawang putih bsa menghilangkan jerawat

     

    Halo Ricky Ramadhan, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Jerawat atau yang dikenal juga dengan acne terbentuk karena penumpukan sel kulit mati yang bercampur dengan sebum (minyak) yang menimbulkan sumbatan pada pori kulit. Sumbatan pada pori ini menyebabkan bakteri dapat berkembang di dalam pori, dan menimbulkan reaksi peradangan pada kulit yang berwujud benjolan yang bengkak, merah, dan nyeri.

    Bawang putih mengandung suatu zat yang disebut allicin, yang memiliki fungsi antibakterial. Namun demikian, hingga saat ini manfaat bawang putih untuk jerawat (baik dimakan ataupun dioleskan langsung pada jerawat) belum terbukti secara  klinis. Mengoleskan bawang putih secara langsung pada jerawat juga sering kali menimbulkan reaksi pada kulit, terutama kulit yang sensitif seperti kulit wajah, dapat menimbulkan iritasi pada kulit hingga luka bakar. Pada beberapa orang dapat pula memunculkan reaksi alergi. Untuk itu mengoleskan bawang putih pada jerawat tidak disarankan untuk dilakukan.

    Memakan bawang putih untuk memperoleh manfaat antibakterialnya juga belum dapat dibuktikan secara klinis.

    Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi jerawat yang lebih direkomendasikan dibandingkan menggunakan bawang putih:

    1. Mencuci wajah secara rutin dengan cara yang benar. Mencuci wajah sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 2 kali sehari, menggunakan pembersih wajah yang lembut dan air hangat. Jangan gunakan handuk kasar atau loofah untuk menggosok wajah, namun cukup gunakan tangan. Mencuci wajah dengan kasar atau menggunakan scrub dapat memperparah kondisi jerawat dan merusak permukaan kulit.
    2. Menggunakan pelembab wajah yang non-komedogenik untuk mencegah kulit wajah menjadi kering dan kasar
    3. Menggunakan pelindung matahari setiap keluar rumah
    4. Menghindari penggunaan krim wajah atau kosmetik yang komedogenik atau yang berbasis minyak
    5. Hindari stress
    6. Pada jerawat yang ringan, anda dapat menggunakan produk yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, sulfur, alpha hydroxy acids (AHA), atau tea tree oil untuk mempercepat kesembuhan jerawat serta mencegah muculnya jerawat baru
    7. Menghindari memencet-mencet jerawat karena dapat memperparah kondisi jerawat, menyebabkan bengkak, dan meninggalkan bekas yang lebih sulit dihilangkan.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia