Tanya Dokter

  • Penanganan untuk cacar air pada bayi usia 11 bulan

  • Dokter saya mau tanya... Anak saya umur 11bulan sesudah Vaksin IPD 1 ato Vaksin Prevenar 1 seminggu kemudian keluar cacar...kebetulan baby saya kembar,yg 1 baby saya tdk kena cacar jd saya ungsikan ke rmh mama saya...anak saya sdh ada penanganan medis dari DR umum apakah perlu dgn Bertemu Dr Spesialis anak? Dan brp lama Cacar itu sembuh sampai bersih dan tdk ada virus...jd anak2 saya bsa berkumpul kembali... Terima kasih

    Hai Melinda,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Cacar air (varicella) merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Gejala yang muncul akibat cacar air biasanya berupa ruam kemerahan, yang kemudian menonjol, lalu berisi cairan, dan akhirnya pecah, lalu mengelupas menjadi keropeng. Di samping itu, penderita pun kerap mengalami demam, gatal, nyeri otot dan persendian, lemas, mual, dan penurunan nafsu makan.

    Virus penyebab cacar air umumnya menular dari penderita melalui kontak langsung atau tidak langsung dengan cairan yang keluar dari ruam kulit. Selain itu, penularan bisa juga terjadi saat ada percikan lendir dari saluran pernapasan yang terhirup misalnya saat penderita batuk atau bersin.

    Bayi lebih mudah tertular cacar air karena daya tahan tubuhnya yang masih lemah. Karenanya, penderita perlu diisolasi untuk meminimalisasi risiko penularan. Langkah yang Anda ambil sudah tepat, yakni dengan memisahkan kedua anak Anda sementara waktu. Penularan paling besar risikonya terjadi saat 1 hingga 2 hari sebelum ruam muncul hingga bintil mengering dan menjadi koreng (sekitar 1 minggu setelah ruam muncul).

    Jika Anda sudah pernah memeriksakan anak Anda ke dokter, sebaiknya Anda lakukan dulu pengobatan sesuai saran dokter tersebut ya.. Dokter umum memiliki kompetensi yang cukup baik dalam menangani cacar air. Umumnya setelah 3 hingga 5 hari konsumsi obat, keluhan akan mereda dan ruam pun akan mengering. Berapa lama waktu yang diperlukan hingga ruam sembuh sempurna tentu bisa berbeda-beda tergantung dari daya tahan tubuh masing-masing orang. Namun, umumnya cacar air akan sembuh dalam waktu sekitar 1 hingga 2 minggu.

    Untuk membantu mempercepat penyembuhan, sebaiknya lakukan tips berikut:

    • Beri anak ASI yang cukup
    • Beri juga anak MP-ASI yang bergizi seimbang
    • Jaga sanitasi lingkungan sekitar anak
    • Mandikan anak 2x sehari
    • Kenakan pakaian yang longgar, berbahan lembut, dan menyerap keringat pada anak
    • Jangan campur aduk pakaian anak

    Apabila tidak ada perbaikan yang berarti dalam waktu 3 hari setelah konsumsi obat, sebaiknya Anda memeriksakan kembali anak Anda ke dokter spesialis anak ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah