Tanya Dokter

  • Bayi sudah 2 hari tidak BAB

  •  Munaahmad
    Anggota
    Dok. Anak saya umur 2bln 12 hari. Sudah 2 hari tidak bab. Normal atau tidak ya dok? Anak saya minum asi dan sufor dok. Kemarin2 bab y lancar saja sehari 2x. Tp sdh 2 hr ini tdk bab. Mohon solusinya

    Hallo Munaahmad, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Saluran pencernaan bayi dibawah usia 12 bulan masih belum terbentuk secara sempurna, sehingga fungsinya pun belum sesempurna orang dewasa. Untuk bayi yang diberikan ASI eksklusif, frekuensi BAB bayi memang sangatlah beragam. Bayi bisa saja BAB lebih dari 7x dalam sehari atau bahkan BAB setiap 7 hari sekali (1 minggu 1kali) dan keadaan - keadaan ini masih termasuk normal. Namun jika bayi mendapatkan campuran antara sufor dan ASI, tentu frekuensi BAB yang tidak rutin setiap hari ini dapat menandakan adanya suatu permasalahan pada saluran cerna. Bayi yang mendapatkan susu formula diharapkan memiliki frekuensi BAB yang rutin setiap harinya.

    Yang menjadi pertanyaan saya, apakah buah hati anda baru saja menggunakan jenis produk sufor yang baru ? atau dari awal memang mendapatkan sufor dengan jenis dan merk yang sama ?

    Jika buah hati sudah tidak mengalami BAB lebih dari 2 hari, sebaiknya periksakan kondisi kesehatannya ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk membantu kelancaran BAB pada bayi adalah dengan massase perut dengan teknik ILU dan gerakan kaki menggoes sepeda yang dilakukan setiap sebelum mandi.

    Semoga bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina