Tanya Dokter

  • Bayi alami BAB setiap kali diberi ASI

  •  Aisha New
    Anggota
    Nama saya aisha hermanto usia 23th punya bayi berumur 9 minggu,kenapa ya dok bayi saya BAB setiap saya beri asi,sementara kalau lagi gak diberi asi gak ada bab,normalkah???

    Halo Aisha

    Terima kasi telah bertanya pada Alodokter

    Frekuensi BAB bayi yang masih mengonsumsi susu dapat menjadi lebih sering seperti 6 kali bahkan juga bisa menjadi hanya 1 kali seminggu. Hal ini dapat dianggap normal sepanjang konsistensi (kepadatan) tinja tidak cair / keras, bayi tampak aktif, nafsu makan baik, keadaan umumnya baik (tidak demam, muntah-muntah, dsb.), warna feses tidak hitam, berdarah atau pucat seperti dempul. Perubahan konsistensi tinja dan frekuensi BAB secara mendadak padahal tidak ada perubahan dalam asupan sehari-hari mungkin menandakan suatu gangguan.

    Mendengar cerita Anda yang BAB tiap kali diberikan ASI kemungkinan paling besar terjadi karena memang proses perncernaan bayi tersebut dan memaksa terjadi pengosongan pada ususnya. Hal ini tidak berbahaya selama bayi masih aktif sehingga Anda tidak perlu khawatir. Namun apabila Anak mulai susah menyusui, rewel, lemas, bab cair terus menerus atau disertai muntah coba ajaklah Anak segera ke dokter atau rumah sakit terdekat.

    Baca juga artikel tentang menangani diare pada bayi

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Satya Sueningrat