Tanya Dokter

  • Bayi dengan ASI BAB terus normalkah?

  •  Evie Yeo
    Anggota
    Halo Dok, mau tanya bayi saya berusia 27hari minum asi, tetapi bab nya sangat sering.. bahkan bisa hampir setiap kali setelah diberi minum asi bayi saya bab dikit dan langsung menangis histeris. Apakah mungkin bayi saya termasuk diare? Atau tidak enak perut? Atau asi saya bermasalah atau bayi saya tidak cocok minum asi? Bayi saya kondisi cleft lips sehingga tidak bisa menyusui langsung dan saya full pumping serta bayi saya menggunakan media dot minum susunya. Terus berapa takaran menyusui (ml) untuk bayi seusia bayi saya yang hampir sebulan? Soalnya bayi saya sepertinya malas menyusui, setiap kali minum susu pasti ketiduran sehingga minum susunya sedikit2.. Mohon pencerahannya dok.. terimakasih sebelumnya....

    Halo Evie

    Terima kasih telah bertanya pada Alodokter

    Frekuensi BAB bayi yang masih mengonsumsi susu dapat menjadi lebih sering seperti 6 kali bahkan juga bisa menjadi hanya 1 kali seminggu. Hal ini dapat dianggap normal sepanjang konsistensi (kepadatan) tinja tidak cair / keras, bayi tampak aktif, nafsu makan baik, keadaan umumnya baik (tidak demam, muntah-muntah, dsb.), warna feses tidak hitam, berdarah atau pucat seperti dempul. Perubahan konsistensi tinja dan frekuensi BAB secara mendadak padahal tidak ada perubahan dalam asupan sehari-hari mungkin menandakan suatu gangguan.

    Mendengar cerita Anda yang BAB tiap kali diberikan ASI kemungkinan paling besar terjadi karena memang proses perncernaan bayi tersebut dan memaksa terjadi pengosongan pada ususnya. Hal ini tidak berbahaya selama bayi masih aktif sehingga Anda tidak perlu khawatir.

    Mengenai takaran minum pada bayi usia 1 bulan tidak ada patokan pastinya berapa ml atau cc karena tiap bayi memiliki kemampuan minum susu yang berbeda. Cukup berikan susu sampai bayi sudah berhenti minum maka itu berarti bayi sudah kenyang. Selain itu bukanlah kemampuan banyak minum yang menjadi indikator bayi sehat tetapi apakah berat badannya mengalami kenaikan atau cenderung menurun. Apabila terjadi kenaikan maka walaupun minum sedikit-sedikit berarti gizi yang dibutuhkan Anak tersebut sudah cukup.

    Namun apabila Anak mulai tidak mau menyusui, rewel, lemas, bab cair terus menerus atau disertai muntah coba ajaklah Anak segera ke dokter atau rumah sakit terdekat.

    Baca juga artikel tentang menangani diare pada bayi

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Satya Sueningrat