Tanya Dokter

  • Bayi Batuk Pilek

  • Malem dokter. Mau bertanya. Bolehkah bayi usia 5bulan dengan gejala batuk pilek diberi obat seperti "rhinos drop"? Klo boleh, berapakah untuk takaran dosisnya ya dok? Ataukah ada obat selain oralnya? Terima kasih.

    Halo,

    Pilek sering disebabkan oleh infeksi virus di saluran pernafasan bagian atas, biasa dialami bayi selama 1 sampai 2 minggu. Karena disebabkan oleh virus, biasanya flu dapat sembuh dengan sendirinya bila kondisi imunitas bayi baik.

    Pemberian obat pilek untuk bayi di bawah usia 1 tahun, hanya boleh diberikan atas instruksi Dokter dan berdasarkan pemeriksaan medis langsung. Begitu pula untuk semua jenis obat lainnya, kecuali obat pereda demam dan nyeri jenis parasetamol/asetaminofen. Obat dengan merk yang Anda sebutkan mengandung pseudoefedrin, pemberiannya pada bayi harus sangat berhati-hati karena dapat menyebabkan efek samping yang fatal.

    Lakukan penanganan sederhana selama di rumah untuk meredakan pilek bayi :

    • Tempatkan bayi pada ruangan tanpa pendingin ruangan/AC. Hal ini berguna untuk menjaga dinding bagian dalam hidung tidak semakin bengkak dan memperparah keluhan hidung tersumbat. Berikan pakaian yang longgar dan tipis supaya bayi tidak merasa gerah. Namun bila bayi rewel karena merasa kepanasan, Anda boleh menempatkannya di ruangan berAC, namun nyalakan mesin pelembab ruangan atau menempatkan baskom berisi air panas yang ditetesi minyak kayu putih/minyak telon untuk melembabkan udara sekaligus meredakan hidung tersumbat. Perhatikan peletakan baskom berisi air panas, pastikan aman dari resiko tumpah.
    • Beri tambahan selimut (sebagai penopang kepala ) diantara kasur dan kepala bayi, atau gendong bayi dengan posisi setengah duduk.
    • Pastikan bayi mengkonsumsi cairan dalam jumlah cukup,berikan ASI/susu formula sesuai permintaan bayi.
    • Anda boleh meneteskan larutan garam yang dijual bebas, biasanya tersedia khusus formula bagi hidung bayi, bila hidung bayi sangat tersumbat. Larutan garam akan mengencerkan lendir hidung dan Anda boleh menyedot ingus bayi dengan alat khusus.
    • Bila bayi sangat rewel dan tidak bisa beristirahat, Anda boleh memberikan pereda nyeri dan demam yang dijual bebas, yaitu Parasetamol. Pastikan Anda memberikan dosis berdasarkan berat badan sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan obat.

     

    Waspadai tanda-tanda bahwa bayi membutuhkan konsultasi langsung dengan Dokter :

    1. Demam lebih dari 2 hari, dengan suhu tubuh lebih dari 40 derajat Celsius.
    2. Gejala pilek tidak membaik setelah 7 hari.
    3. Mata berair dan muncul belek berwarna kuning kehijauan.
    4. Disertai batuk yang produktif, dengan nafas yang cepat&sesak.
    5. Bayi sering tidur, sama sekali tidak mau minum dan sangat rewel, walau sudah diberi pereda nyeri dan demam.
    6. Bayi menangis saat menyusu sambil menarik/menggosok telinga. Mungkin bayi mengalami infeksi telinga yang merupakan komplikasi dari flu pada bayi.
    7. Muntah menyembur dalam jumlah yang sangat banyak, muntah berwarna hijau, bayi rewel kesakitan, dan perut bayi menjadi keras/kembung.

     

    Bila ada gejala di atas pada bayi Anda, segera periksakan bayi Anda ke Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan medis yang menyeluruh dan detail untuk menentukan penanganan yang tepat bagi bayi Anda. Dokter juga akan memeriksa liang telinga bayi Anda, memastikan tidak terjadi infeksi telinga. Bila diperlukan Dokter akan merujuk bayi Anda untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan rontgen dada.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr. Caecilia Haryu Aryapti.