Tanya Dokter

  • Solusi bayi bingung puting

  •  siska putri
    Anggota

    pagi dok.gimana caranya supaya bayiku gak bingung puting ya?soalnya dari dulu minum asi pake dot trs karena putingku yg kedalem.skrng produksi asinya berkurang,tak coba minumin langsung gak mau malah nangis trs.gimana solusinya? terima kasih

    Hai Bu Siska, bayi dikatakan bingung puting apabila terjadi kesulitan dalam proses perlekatan dan menyusui dengan ibunya, dikarenakan sudah terbiasa menghisap lewat botol susu. bagi bayi, itu hal yang berbeda. Dengan botol susu, bayi tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan aliran susu yang sudah keluar secara konstan. Sementara dengan payudara, bayi harus mendapatkan posisi yang tepat untuk menghasilkan hisapan yang baik dan air susu yang lancar. Tentunya bayi juga harus mengaktifkan otot otot mulutnya untuk menghisap dan mendapatkan air susunya. Untuk bayi yang mengalami bingung puting dan ibu ingin kembali menyusuinya, disarankan:

    1. sering seringlah menyusui, memperkenalkan kembali puting pada bayi, walaupun awalnya sulit.
    2. latihlah bayi cara menyusui yang baik, dengan pelekatan yang benar. Hal ini akan membantu bayi mempermudah memperoleh asi, memperbanyak produksi asi, dan mengurangi rasa nyeri pada ibu. Ibu dapat berkonsultasi tentang menyusui yang benar di klinik klinik laktasi yang menyediakan konselor terlatih.
    3. Konsumsi makanan minuman pelancar asi
    4. Jika ibu bekerja, gunakan sendok untuk bayi minum asi perahnya saat ibu tidak ada, dan dianjurkan agar ibu juga rajin memerah asi nya selama waktu bekerja, agar produksi asi tetap lancar.
    5. stop susu formula
    6. ibu dapat mencoba menggunakan nipple shields jika puting masuk ke dalam, banyak dijual di apotik atau toko bayi.
    demikian informasi yang dapat kami berikan, mungkin akan lebih sulit pada prakteknya, tetapi ibu harus lebih sabar agar bayi mendapatkan makanan terbaiknya. semoga bermanfaat.