Tanya Dokter

  • Janin belum masuk ke panggul di usia kehamilan 39 minggu

  • Siang dok.. Sy ingin bertanya usia kehamilan sya sdh memasuki 39 mnggu,dri hasil usg kpla bayi sudah dibawah tapi agak miring keseblh kanan panggul,apakah diusia kndungan sya ini ada kemungkinan kpl janin masuk panggul dan bisa lahir normal dok?sya sudah melakukan saran dokter untuk sering2 sujud,ngepel jongkok dan senam hamil,tpi blm msuk ke pnggul jiga baby nya 😧😣 mksh dok sblmnya..

    Hai Shera. Posisi bayi merupakan penentu metode apakah yang akan dilakukan sebagai metode persalinan. Secara umum, posisi bayi dimana sudah masuk panggul dengan presentasi kepala (Ubun-ubun kecil) merupakan posisi terbaik untuk melahirkan normal. Presentasi lain seperti bokong, dahi masih dapat dilakukan namun sudah mulai beresiko. Jika presentasi wajah, presentasi ini juga amat beresiko sehingga metode sectio caesaria lebih dipilih. 

    Namun, jika anak anda belum masuk panggul dan miring, maka memang akan lebih dipilih dengan metode sectio caesaria. Mengingat usia anak anda sudah 39 minggu, kemungkinan untuk terjadi reposisi sangat kecil dimana tubuh janin yang makin memenuhi kantung janin sehingga menyulitkan pergerakan. Jika anak anda kecil, adanya polihidramnion (air ketuban yang banyak pada kantung janin biasanya akibat gangguan saluran pencernaan janin) sehingga ruang geraknya luas, maka kemungkinan reposisi masih ada. 

    Konsultasikan dengan dokter kandungan anda mengenai kondisi yang anda alami untuk informasi lebih lanjut. Mengingat usia 39 minggu merupakan usia yang mendekati kelahiran, senantiasa kontrol dengan dokter kandungan anda seminggu 1x, waspadai tanda melahirkan seperti ketuban pecah, kram perut yang lama dan intensitas semakin meningkat, serta ketahui tentang metode kelahiran yang anda lakukan (baik normal maupun caesar), serta persiapan lain seperti pakaian, transportasi. 

    Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr ALyssa