Tanya Dokter

  • Penyebab bayi kuning

  •  Gitalize
    Anggota
    Selamat siang dok..sya baru melahirkan anak ke 2..sya melahiran secara SC krna anak prtama juga SC..anak sya yg ke 2 ini lahir pd usia 35 minggu krna katanya dokter obgyn nya harus segera di operasi krna sya sdh kesakitan dgn kehamilan sya juga krna jahitan SC yg dlu keburu sobek klo menunggu 9bln..ini anak sya kuning dok..dokter Sp anak nya bilang suruh jemur dr jam 7-jam 8 & pemberian asi di tingkatkan tp kok sdh 3 minggu kok belum membaik dr kuningnya..pdhal sdh sya jemur & nyusu asinya juga sdh meningkat drpd waktu baru lahir..stiap 1 1/2jam anak sya nyusu..tolong dok penjelasannya kenapa anak sya msih kuning & kapan membaik dr kuningnya..soalnya sya takut..terimakasih..

    Hai Gitalize. Kapan kuning anda mulai terjadi? Apakah sejak melahirkan (hari pertama) ataukah setelah 2 atau 3 hari? Kuning pada bayi dapat dibagi menjadi kuning yang fisiologis (normal) maupun patologis (tidak normal). Kuning yang normal biasanya akibat dari menyusui atau ASI itu sendiri. Penyebab mengapa menyusui dan ASI menyebabkan kuning masih belum diketahui pasti. Namun, hal ini akan bisa hilang dengan sendirinya. Anda tetap dapat melanjutkan proses menyusui dan pemberian ASI anda. 

    Kemudian, kuning sendiri bisa disebabkan oleh darah bayi yang jenisnya berupa darah saat masih janin yang kemudian bertransisi menjadi darah yang menyerupai dewasa atau sesudah lahir. Hal ini melibatkan pemecahan sel darah yang lama sehingga bilirubin (zat warna hasil pemecahan sel darah ini) menumpuk dan menimbulkan kuning. 

    Kuning yang tidak normal disebabkan oleh 

    1. Adanya gangguan darah 

    2. Adanya masalah pada kandung empedu seperti tidak terbentuknya kandung empedu 

    3. Adanya kelainan bawaan terutama akibat infeksi saat anda hamil seperti TORCH 

    Konsultasikan dengan dokter anak anda mengenai kondisi yang anak anda alami untuk informasi lebih lanjut. Pemeriksaan darah dapat membantu menilai kadar bilirubin anak anda. Secara umum, kuning ini bertahan sekitar 3 -12 minggu. Hal yang dapat anda lakukan adalah tetap menyusui anak anda, serta jemur anak anda setiap pagi sebelum jam 9 pagi. Pastikan anak tetap mau menyusui dan bergerak aktif. Jika anak anda lemas, tidak mau menyusui, maka segera konsultasikan dengan dokter. Berikut mengenai kuning pada bayi. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr ALyssa