Tanya Dokter

  • Bayi mata terbuka saat tidur

  •  Rahman Nizar
    Anggota
    Dok. Saya anak saya usia 5 bulan kalau tidur mata nya suka terbuka sedkit dan terlihat bola matanya brrgerak ke kanan dan kekiri dok. Itu apakah hal yang membahayakan dok?

    Halo Rahman Nizar, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Mata yang terbuka saat bayi tidur hanya merupakan variasi yang normal dari tidur bayi. Kondisi yang disebut juga dengan nocturnal lagophthalmos ini bukan kondisi yang membahayakan dan tidak mengindikasikan adanya gangguan pada tidur bayi. Penyebab nocturnal lagophthalmos ini tidak diketahui secara pasti, namun diperkirakan merupakan varian yang diwariskan secara genetik, artinya terdapat salah satu orang tua atau keluarga yang juga memiliki nocturnal lagophthalmos ini.

    Mata bayi yang bergerak-gerak saat tidur mengindikasikan bahwa bayi sedang berada dalam fase REM (Rapid Eye Movement) dalam tidurnya. Terdapat beberapa fase dalam tidur seseorang, fase REM adalah salah satunya. Fase REM adalah fase di mana otak sedang aktif, mimpi seringkali terjadi pada fase tidur ini. Fase REM ini ditandai dengan pergerakan mata dalam tidur. Pada orang dewasa juga terdapat fase ini, sehingga bila anda memperhatikan pasangan anda saat tidur, anda juga akan melihat masa di mana mata pasangan anda akan bergerak-gerak saat tidur. Fase REM pada bayi adalah fase yang mendominasi sekitar 50% tidur bayi, sementara pada orang dewasa, fase ini terjadi lebih singkat.

    Saat memasuki usia 4 bulan, bayi akan memiliki fase tidur yang kurang lebih sama seperti orang dewasa, dan pada usia ini, bayi seringkali mengalami gangguan tidur seperti sulit tertidur dan sering terbangun di malam hari.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia