Tanya Dokter

  • Posisi Bayi Melintang

  •  lionacr
    Anggota
    Hallo dok, saya Liona. Sekarang saya hamil 38 Minggu, tapi posisi bayi melintang, nah saran bidan saya itu banyakin sujud/nungging selama seminggu ke depan. Nah pertanyaan saya, apa ada kemungkinan bayi saya bisa ke posisi normal ya dok? Soalnya Minggu kemaren posisi bayi sudah dibawah terus. Terima kasih dok.

    Hai,

    Bayi letak lintang tidak dapat dilahirkan secara normal. Terdapat sejumlah usaha yang dapat membetulkan kembali posisi bayi menjadi seperti biasa (kepala di bawah), misalnya banyak bersujud dan versi eksternal (usaha memutar bayi melalui usapan dinding perut oleh tenaga ahli). Keberhasilan usaha memutar bayi akan bergantung pada elastisitas dinding rahim (semakin sering hamil, semakin elastis), ukuran bayi (semakin kecil semakin mudah) dan usia kehamilan (tidak terlalu dekat dengan waktu persalinan, namun juga tidak terlalu jauh dari 37 minggu).

    Karena usaha memutar bayi sebetulnya juga mengandung risiko, seperti lilitan tali pusar, tarikan / robekan pada ari-ari dan gagal putar, ibu yang mengandung bayi letak lintang sebaiknya dipantau ketat oleh Dokter Ahli Kandungan (Sp. OG) dan direncanakan persalinan melalui jalur operasi. Pemantauan letak bayi selain melalui pemeriksaan fisik, juga dapat ditunjang dengan pemeriksaan USG.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma