Tanya Dokter

  • Bayi mempunyai masalah Jantung berlubang (VSD)

  •  Ros Zee
    Anggota

    hi DOK,

    nama saya Ros, bayi saya mempunyi masalah jantung berlubang Vsd,bila dia makan atau minum susu dia sering muntah..apa yang perlu saya lakukan dok?

    Hai bunda Ros Zee. Terima kasih atas pertanyaan anda.

    Ventricular Septal Defect (VSD) adalah kelainan jantung bawaan berupa lubang di dinding pemisah (septum) antara bilik kanan dan bilik kiri jantung. Gejala yang sering muncul pada penyakit ini antara lain:

    • Pada VSD yang kecil biasanya tidak ada maslah makan atau kenaikan berat badan dan terditeksi saa dilakukan pemeriksaan rutin
    • Pada VSD sedang biasanya keringat berlebih terutama saat menyusu, napas cepat, kelelahan ketika makan atau minum susu, gangguan pertambahan berat badan.
    • Pada VSD yang besar gejala sama dengan VSD yang sedang namun lebih berat.

    Pada VSD yang kecil biasanya belum diperlukan tindakan operasi dan sering menutup dengan sendririnya. Namun bila VSD lebih besar bisanya dokter kana menyarankan untuk dilakukan operasi . untuk mengetahui tindakan terbaik untuk san buah hati anda akan lebih bijak bila bunda berkonsultasi secara lngsung dengan dokter yang lebih berkompeten yaitu dokter spesialis jantung. Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap bayi bunda dan menentukan tindakan yang terbaik untuk bayi bunda. Mengenai makan atau minum susu sering muntah, mungkin disebabkan karena sudah kenyang atau kelelahan ketika makan, namun dapat pua disebabkan hal lain misal penyesuaian bayi terhadap makanan atau susu (pada bayi kecil), refluks atau makanan yang naik kembali ke kerongkongan akibat cincin otot yang  menjadi pintumasuk susu ke lambung tidak menutup sempurna, dapat pula disebabkan karena ukuran lambung yang masih kecil pada bayi. Namun bila keluhn muntah ini sering dialami dan atau diikuti gejala lain seperti nyeri perut, perut yang kembung, tidak BAB, muntahan berwarna hijau, muntah hebat, disertai diare. Maka sebaiknya periksakan anak bunda ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. Sembari menjalani terapi dari dokter cobalah tips untuk mencegah muntah pada anak sehabis makan yaitu :

    • Hindari langsung membaringkan anak di tempat tidur setelah minum susu
    • Gendong anak dengan posisi tegak
    • Setiap habis mengkonsumsikan apapun biasakan bayi anda untuk sendawa

    Semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Dian