Tanya Dokter

  • Bayi menggigil tanpa demam setelah tidur tengkurap

  •  Yamz Maryami
    Anggota

    Hallo dok saya mau tanya, anak saya  usia 10 bulan semalam terbangun dari tidurnya kemudian dia tidur dengan posisi tengkurap, tiba2 anak saya menggigil tanpa demam, tubuhnya pucat dan bibirnya membiru. saya dekap anak saya dan berangsur membaik. tapi tidak berselang lama  suhu tubuhnya agak panas. bisa dijelaskan ini kenapa ya dok?

    Hai Yamz. Pada anak yang masih dibawah 1 tahun, tidak dianjurkan untuk tidur tengkurap.Tidur tengkurap sendiri dapat menyebabkan pernapasan anak tertutup dimana hal tersebut menyebabkan kekurangan oksigen dan menyebabkan perfusi oksigen ke otak, tubuh tidak baik. Hal ini akan menyebabkan anak mengalami sindrom kematian mendadak akibat tidak adanya aliran oksigen ke otak dan tubuh. Selain itu, posisi temgkurap juga menyebabkan perut anak tertekan dan menyebabkan pernapasannya tidak bebas. Hal serupa pun dapat terjadi. Kondisi tubuh pucat dan membiru bisa merupakan suatu tanda distribusi oksigen yang kurang baik terutama ke otak. 

    Awasi anak saat tidur dan usahakan memposisikan anak kembali terlentang saat anak mulai tidur miring. Hindari penggunaan bantal, mainan di sekitar anak untuk menghindari resiko barang-barang tersebut menutupi jalan nafas anak.  Konsultasikan dengan dokter anak anda untuk informasi lebih jauh. Berikut mengenai posisi tidur bayi. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa