Tanya Dokter

  • Frekuensi BAB normal pada bayi

  • Dok..anak usia 6-7 blan normalnya sehari brapakali bab y?

    Halo,   Berdasarkan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia)  frekuensi BAB yang normal pada bayi 6 - 12 bulan terjadi sebanyak 2- 4 kali dalam sehari. Namun dalam keseharian tentu saja hal ini tidak bisa dijadikan patokan tetap. Banyak faktor yang mempengaruhi pola dan frekuensi bayi BAB. Saat baru lahir seorang bayi bisa BAB 4- 10 kali dalam sehari dan hal itu masih dianggap sebagai hal yang lumrah. Faktor faktor yang mempengaruhi pola dan frekuensi BAB pada bayi antara lain adalah :

    1. ASI / Sufor = Bayi yang minum ASI bisa saja BAB setiap 3 - 5 hari sekali bahkan ada laporan yang menyatakan bahwa ada kasus bayi ASI BAB 1 kali dalam seminggu. Hal ini bisa menjadi hal yang lumrah namun perlu juga diperhatikan konsistensinya. Jika konsistensi feses bayi lunak (tidak keras dan kering) maka hal ini tidak disebut sebagai konstipasi. Sementara anak dengan sufor bisa saja rutin BAB 1 kali sehari atau memiliki konsistensi feses yang keras.
    2. Makanan MP ASI = makanan akan mempengaruhi pola dan frekuensi BAB, pada anak yang baru saja mendapat MP ASI bisa saja BAB menjadi sering atau menjadi lambat tergantung dari pola pencernaan dan jenis makanan yang diberikan.
    3. Cairan = bayi yang dehidrasi cenderung lebih jarang BAB daripada bayi yang cairannya tercukupi dengan baik.
    4. Penyakit lain = pada beberapa penyakit infeksi bakteri/virus dll bisa saja frekuensi BAB menjadi sering (diare) akibat dari infeksi tersebut atau bisa juga mengalami sulit BAB (konstipasi) akibat penyakit / kondisi pada rektum seperti penyakit crohn, penyakit celiac, ileus dll.
    5. dll.
    Jadi untuk mengetahui apakah BAB anak Anda normal tidak hanya frekuensi / keseringan saja yang dilihat namun Anda juga perlu memperhatikan konsistensi (bentuk) dan warna feses. Jika bayi Anda sering BAB namun memiliki konsistensi yang baik (tidak keras dan tidak cair) serta warna feses normal (akan tergantung dari jenis makanan bayi) dan bayi Anda tidak rewel, demam dll maka mungkin pola BAB bayi Anda masih termasuk dalam kategori normal. Baca artikel terkait pertanyaan Anda yaitu : Semoga membantu.   dr. Yusi

    Jajang Jarang Pulang  NOn Nie
    Anggota

    Dok, anak saya 3M pup 1hari bisa 3 s/d 4x, terkadang berbiji dan lembek, terkadang berlendir (karena anak saya ada dahak juga), terkadang keluar seperti air sedikit jadi di diapers seperti hanya bekas pup saja. apakah itu normal dok? saya sedang berpuasa juga, takutnya berpengaruh.. saya ASI eksklusif, working mom, kalau bekerja saya tinggali ASIP, kalau dirumah menyusu langsung. Mohon infonya ya dok. trims