Tanya Dokter

  • Bayi sering menggeliat

  • Dok, saya ingin bertanya.. saya khawatir karena ini anak pertama saya. Baby saya nb baru 19hari namun sudah 4hari kebelakang dia sering menggeliat sampai wajahnya menjadi merah/ungu setelah menggeliat kembali ke warna kulit semua. Lalu dia merasa tdk nyaman jadi semenjak menggeliat sering itu waktu tdr dia & saya jd terganggu.. dia selalu terbangun dan saya selalu gak tega kalo dia menggeliat karena seperti kesakitan... apakah ada penelitian ttg bayi sering menggeliat apakah bahaya / normal? Thanks

    Halo Jasmine......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Menggeliat merupakan gerakan yang umumnya dilakukan oleh bayi bahkan orang dewasa sekalipun. Sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika bayi sering menggeliat, karena belum ada penelitian membuktikan adanya indikasi gangguan pada bayi.

    Gerakan menggeliat pada bayi menandakan kemampuan motorik bayi sedang berkembang karena pada saat bayi menggeliat, beberapa bagian tubuhnya bergerak sekaligus secara bersamaan seperti kedua tangan, kaki, pantat, dan punggung. Jika bayi mempunyai kelainan pada otot otot tubuhnya, maka menggeliat sekecil apapun akan sulit dilakukan.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat memicu bayi menggeliat, diantaranya adalah : bayi yang lama tertidur sehingga lama tidak beraktivitas, bayi merasa pegal, bayi menderita kembung atau kolik, bayi kurang bersendawa.

    Akan tetapi apabila Anda khawatir berlebih akan hal ini, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit anak terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar anak Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati