Tanya Dokter

  • Penyebab anak sering muntah

  •  Inur Arbiah
    Anggota
    Dok..saya mo nanya. Kenapa ea dok anak saya sering banget muntah...penyebanya pa ea dok.... Saya khawatir bgt dok terlebih saya bru jadi ibu anak saya umury baru jln 3 bulan.... Tspi sejak lhir dia sering bgt muntah... Terkdg bru siap nyusu muntah... Tekdg dah lma siap nyusu pun dia muntah........ Kbtuln saya jga asi exklusif dok...

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Jika bayi Anda muntah terutama setelah minum ASI, maka hal tsb merupakan kondisi yang disebut dengan gumoh dan termasuk hal yang wajar terjadi. Biasanya gumoh akan terjadi hingga usia bayi 4 sampai 5 bulan, kemudian akan berhenti dengan sendirinya. Hal ini disebabkan ASI yang ditelan bayi, kembali ke kerongkongan karena ukuran perutnya sangat kecil sehingga mudah penuhdan juga karena katup pada esofagus belum matang untuk bekerja optimal.

    Bayi yang seringkali muntah setelah minum ASI dengan pertumbuhan yang normal, tidak rewel ataupun tidak mengalami masalah pernapasan, masih tergolong normal dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Namun jika bayi muntah setelah minum ASI diikuti dengan gejala seperti demam, menolak menyusu, ubun-ubun menonjol, muntah darah atau cairan hijau, muntah yang terus menerus lebih dari 12 jam, ataupun terdapat tanda dehidrasi maka Anda harus segera memeriksakan kondisi bayi ke dokter. Sebaiknya Anda mengajak bayi Anda agar dapat pemeriksaan langsung dari dokter spesialis anak.

    Berikut beberapa tips untuk mengurangi keluhan :

    • Upayakan posisi kepala bayi tegak saat menyusui
    • Buat bayi sendawa sehabis menyusu
    • Biarkan bayi menyusu dalam keadaan tenang
    • Biasakan bayi menyusu secukupnya, namun lebih sering
    • Pastikan pakaian atau popok bayi tidak terlalu ketat

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti