Tanya Dokter

  • Penyebab bayi susah BAB

  •  Ikma Noha
    Anggota
    Dok, saya mau tanya anak saya umur 17 hari sekarang perempuan, sejak lahir dari tanggal 22 oktober 2017 udah BAB sebanyak 4 kali atau 5 kali di minggu pertama, di minggu kedua sampe sekarang belum BAB lagi dok, padahal asi saya lancar dan anak saya juga tertur minum asi nya, konsultasi ke bidan katanya saya kurang makan buah padahal saya juga makan buah, terus disuruh bikin agar2 katanya agar2 seratnya tinggi, tapi kok ya belum BAB juga dok, minta solusinya dok, terimakasih

    Hallo Bunda Ikma, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Sebelumnya yang ingin saya pastikan, jadi sudah berapa lamakah bayi anda tidak mengalami BAB ?

    Frekuensi buang air besar pada bayi yang normal tergantung dari usia dan asupan susu atau ASI yang diberikan. Pada bayi dengan ASI Eksklusif kadang memang memiliki karakteristik BAB yang unik. Anak dapat saja BAB hingga 5 kali dalam sehari bahkan dapat lebih, atau sebaliknya anak dapat tidak BAB lebih dari 5 hari dan hal tersebut masih termasuk normal. Hal ini dapat terjadi karena usus bayi masih belum berfungsi dengan sempurna. Cobalah evaluasi terus kondisi BAB buah hati anda, jika memang sudah lebih dari 8 hari namun bayi tidak kunjung BAB juga, mungkin terdapat adanya gangguan pada saluran pencernaan bayi.

     

    Kondisi sulit BAB yang dialami oleh bayi anda memang dapat dipengaruhi oleh asupan makanan maupun minuman yang anda konsumsi. Namun yang perlu diperhatikan, konsumsi serat yang berlebih dapat menyebabkan sembelit pada anak. Sehingga kadar konsumsi serat setiap harinya haruslah cukup, tidak boleh kurang ataubahkan berlebih.

    Sebaiknya periksakan kondisi kesehatan buah hati anda ke dokter atau dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung, sehingga dokter dapat menegakkan diagnosis pasti keluhan yang buah hati anda alami dan buah hati anda pun bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

    Semoga bermanfaat :')

     - dr. Lia N. Amalina