Tanya Dokter

  • Pengaruh bayi tidur miring terhadap tumbuh kembang

  •  EgroAmore
    Anggota
    Malam dokter, saya memiliki bayi 2 bulan. Di usia 2 bulan ini anak saya lwbih suka tdr miring ke kanan setiap di telentangkan selalu kembali miring, yerkadang anak saya malah bangun dr tidurnya dan kemudian rewel. Menurut dokter aman tidak tidur terlalu sering miring untuk perkembangan tulang bayi?

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Bayi normalnya akan menghabiskan waktunya untuk tidur. Bayi yang berumur 4-7 bulan memerlukan waktu tidur 12 hingga 15 jam per harinya. Lamanya waktu tidur yang dibutuhkan bayi membuatnya kerap tidur dengan berbagai posisi, misalnya telungkup, telentang, ataupun tidur miring.

    Bayi yang tidur miring berisiko terjadi sindrom kematian bayi mendadak (sudden death infant syndrome). Para ahli menyarankan agar bayi tidur telentang, tidak miring dan tidak juga tengkurap. Rekomendasi tidur terlentang berlaku sepanjang tahun pertamanya. Posisi tidur bayi yang telentang dapat meminimalisir sindrom kematian bayi mendadak sebanyak 50%. Pertumbuhan tulang tidak terlalu berpengaruh karena tulang pun akan terus tumbuh dan mencapai puncaknya saat pubertas.

    Tetaplah latih bayi Anda untuk tidur telentang. Bayi akan terbiasa dan merasa nyaman tidur telentang secara bertahap. Salah satu cara untuk mencegah bayi berguling ke salah satu sisi, misalnya dengan merentangkan lengan bawah ke atas saat bayi tidur. Jika lengan bayi dekat ke salah satu sisi, bayi akan lebih mudah berguling dan tidur dalam posisi miring.

    Berikut artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda di https://www.alodokter.com/memahami-bayi-tidur-miring-dan-posisi-tidur-bayi-yang-aman

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.