Tanya Dokter

  • Penyebab bayi umur 3 bulan BAB seminggu sekali

  •  shintapw
    Anggota
    Pagi dok .. anak saya usia 3 bulan 1 minggu, dari umur 2-3 mingguan dia BAB seminggu sekali terus, pernah seminggu 2 kali tp seringnya seminggu sekali sampe skrg. Kalo pas BAB dia suka nangis sambil ngeden sampe berkeringat tapi saya liat fesesnya itu kuning biasa ga keras masih lembek kaya mentega gitu, pas feses pertama jg warna nya kuning cm agak padat dikit tp tetep lembek dan ga ada darah .. dia pun tiap harinya ceria ga rewel, mimi nya pun banyak dan BB nya naek terus .. kata bidan saya gpp kalo masih ASI doank mah, cm tetep aja saya khawatir dok .. kasian liatnya kalo pas lg BAB sambil nangis jerit gtu ...

    Hallo Bunda Shintapw, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Saluran pencernaan bayi dibawah usia 12 bulan masih belum terbentuk secara sempurna, sehingga fungsinya pun belum sesempurna orang dewasa. Untuk bayi yang diberikan ASI eksklusif, frekuensi BAB bayi memang sangatlah beragam. Bayi bisa saja BAB lebih dari 7x dalam sehari atau bahkan BAB setiap 7 hari sekali (1 minggu 1kali) dan keadaan - keadaan ini masih termasuk normal. BAB keras atau padat terjadi sebagai akibat dari penyerapan cairan/ air  didalam lumen usus yang terjadi terus menerus, semakin lama tinja atau feses berada didalam lumen usus atau rektum, tentunya kandungan air didalam feses pun akan semakin berkurang (akibat penyerapan didalam usus tersebut) sehingga feses memiliki konsistensi yang padat bahkan cendrung keras. Selama tidak ditemukan lendir atau darah didalam feses dan BB anak terus naik sesuai pertumbuhan seusianya anda tidak perlu khawatir.

    Menangis dan mengedan merupakan suatu respon yang wajar saat anda BAB, apalagi jika konsistensi tinja padat. Namun jika anda terus merasa khawatir sebaiknya periksakan kondisi kesehatan buah hati anda ke dokter spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

    Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membantu kelancaran BAB pada bayi adalah dengan massase perut dengan teknik ILU dan gerakan kaki menggoes sepeda yang dilakukan setiap sebelum mandi. Namun, jika bayi sudah lebih dari 7 - 10 hari belum BAB juga dan terlihat bayi berusaha keras mengedan untuk BAB atau terdapatnya darah atau lendir didalam feses, baiknya periksakan bayi anda ke dokter atau dokter spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan.

    Semoga bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina