Tanya Dokter

  • Bolehkah bayi umur 4 bulan boleh dikasih mpasi?

  • Dok, anak saya umur 4 bulan.. Sejak umur 3 bulan setiap saya lagi makan dia ngeliatin trs,, pas umur 4 bulan setiap ada orang makan dan minum dia liatin sambil mengecap2 bibirnya, apa itu tanda dia sudah ingin makan dok? Dan apa boleh bayi sebelum 6 bulan dikasih mpasi, sedangkan dia selalu mengecap bibirnya setiap melihat orang makan dan minum..

    Hai Legia,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Saat berusia di atas 2 bulan, bayi umumnya memang sudah mulai dapat menunjukkan ketertarikannya akan suatu hal, termasuk juga makanan. Namun, mengecap-ngecap bibir pada bayi belum tentu berarti ia ingin makan. 

    Bayi yang masih muda memiliki refleks menghisap yang cukup tinggi. Refleks ini juga yang digunakan bayi untuk menghisap ASI. Refleks ini tidak hanya muncul saat bayi melihat makanan, namun juga untuk hampir semua hal baru yang ia lihat, misalnya mainan, dan sebagainya. Akibatnya, bayi akan tampak sering mengecap-ngecapkan bibirnya. Seiring dengan pertambahan usianya, maka refleks ini akan semakin berkurang.

    Sebaiknya, Anda bersabar untuk menunda pemberian MP-ASI (makanan pendamping ASI) hingga usia anak Anda genap 6 bulan ya.. Pemberian MP-ASI pada bayi berusia di bawah 6 bulan berisiko menyebabkan berbagai gangguan kesehatan karena saluran pencernaannya yang masih belum kuat. Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi adalah:

    • Sembelit (konstipasi)
    • Mencret (diare)
    • Mual, muntah
    • Kolik
    • Tersedak

    Saat bayi tampak haus atau lapar, sebaiknya susui langsung bayi Anda dengan ASI (air susu ibu) untuk membuatnya kenyang. Atau, juka bayi sudah kenyang menyusu, Anda bisa juga memberikan bayi mainan gigit (teether) untuk membuatnya lebih tenang.

    Sekian informasi yang bisa kami sampaikan. Untuk lebih jelasnya, silakan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah