Tanya Dokter

  • bayi usia 5 bulan masih sering gumoh

  • Selamat siang dok...sya mau tnya..anak sya sudah usia 5 bln tetapi msih sering gumoh,setiap abis nyusu trs di dudukin lgsg sendawa tp ngeluarin gumoh...knpa yaa dok...

    Halo Faradillah......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa Sebenarnya muntah pada bayi atau orang awam sering menyebutnya sebagai gumoh merupakan hal yang biasa bagi bayi. Biasanya bayi akan mengalami gumoh setelah minum susu.

    Gumoh terjadi karena pada bayi cincin otot yang menjadi pintu masuk makanan dan minuman belum bekerja dengan sempurna. Hal ini sering dialami oleh bayi sampai dengan umur 5 bulan. Bayi kemungkinan akan berhenti gumoh jika sudah memasuki usia 6 bulan.

    Akan tetapi jika bayi terus mengalami muntah lebih dari usia 6 bulan selain karena penyebab yang normal yaitu menangis dan batuk - batuk berlebihan, maka kondisi muntah pada bayi sudah harus diwaspadai kemungkinan mengarah ke suatu kondisi medis tertentu.

    Berikut ini beberapa penyebab muntah yang tidak normal yang terjadi pada bayi, diantaranya adalah : keracunan makanan, infeksi telinga, pneumonia, radang usus buntu, infeksi karena virus ataupun bakteri, stenosis pilorus === cincin otot terlalu tebal sehingga makanan dan minuman sulit untuk lewat, meningitis, dll.

    Kami tetap menyarankan kepada Anda untuk membawa anak Anda segera menemui Dokter Spesialis Anak agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut ( misal : pemeriksaan fisik, tes darah, USG khusus perut, dll. ) sehingga penyebab pasti dari timbulnya keadaan yang Anak Anda alami diketahui dan akhirnya pengobatan yang tepat dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    GUMOH

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati