Tanya Dokter

  • bayi saya jarang buang air kecil

  • dok. mau tanya dok anakku kok sekarang jarang kencing.. biasa nya berkali2 ini sehari cuma 2 kali. waktu mandi pagi dan td waktu siang selesae makan... aku takut knp2 kondisi badan anak nya ceria, keringet juga, badan nya juga gk panas.. saya rakut nya knp2 soale waktu usia 6 bulan itu terkena saluran kencing.trimakasih mohon balasan nya

    Ae'da Poenyae Janaka  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat siang, BAK sedikit tergantung dari :

    • frekuensi BAK, pada bayi, anak-anak dan orang dewasa umumnya BAK setiap 4-6 jam sekali (lebih sering pada bayi), namun bervariasi pada setiap orang tergantung faktor-faktor yang mempengaruhi dibawah ini.
    • banyaknya urin yang dikeluarkan ketika BAK,jika BAK hanya 2 kali namun yang dikeluarkan berjumlah banyak, maka tidak perlu khawatir, namun jika frekuensi sedikit kemudian jumlah urin juga seidikit, maka perlu diwaspadai.
    • pemasukan cairan dalam sehari, berapa banyak jumlah air yang diminum dalam 1 hari tersebut, jika anak tidak banyak minum maka wajar jika BAK tidak sering.
    • pengeluaran cairan melalui cara lain (keringat berlebihan, muntah, diare, perdarahan atau kulit yang terkena luka bakar). Jika anak memiliki salah satu kondisi diatas,maka kemungkinan cairan tubuh dikeluarkan melalui jalur lain selain dari BAK.
    Normalnya produksi urin seseorang adalah 0.5-1 cc/kg berat badan setiap jam nya. Contoh jika berat badan anak adalah 10 kg, maka normalnya setiap jam banyaknya urin yang dikeluarkan adalah 5-10 cc/jam atau 30-60cc/6 jam dst. Dinyatakan BAK sedikit atau oliguria jika jumlah urin yang dikeluarkan kurang dari 0.5cc/kgbb/jamnya dalam hitungan satu hari (24 jam) atau pada orang dewasa kurang dari 400 cc dalam 24 jam. Untuk sementara yang dapat Anda lakukan dirumah adalah :
    • pantau jumlah urin dalam 24 jam, kalau perlu tampung dan ukur urin jika Anda khawatir. Perhatikan juga warna urin. Normalnya adalah berwarna jernih hingga agak kekuningan. Perlu diwaspadai jika urin berwarna gelap seperti teh atau merah atau hitam.
    • Pantau jumlah cairan yang dikonsumsi oleh bayi, berapa banyak cairan yang masuk. Beri anak minum cukup 1 Liter per hari tergantung usia bayi.
    • Pantau apakah bayi/anak sering bermain di cuaca panas, berkeringat banyak, muntah, doare, dll.
    • JIka anak mulai lemas, demam, bengkak, nyeri pinggang, nyeri BAK, BAK kurang dari jumlah tersebut diatas, maka segera periksakan ke dokter.
    Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat. Makanan Pemicu Dehidrasi Manfaat Air Putih