Tanya Dokter

  • Perbedaan gejala sesak napas, gagal jantung dan gagal ginjal

  •  araska
    Anggota
    Selamat siang, Dokter. Saya ingin bertanya, apakah ada perbedaan yang spesifik sesak napas karena gagal jantung dan gagal ginjal? Apabila sesak napas saat berjalan, tapi setelah istirahat (duduk) dan diberi oksigen, napas kembali normal. Apakah itu termasuk akibat dari gagal jantung? Terima kasih.
    araska  araska
    Anggota
    *tambahan Tanpa harus dilakukan pengecekan darah/ronsen dada.

    Hai,

    Secara klasik, sesak pada gagal jantung umumnya muncul pada saat beraktivitas dan saat tidur, sedangkan sesak pada gagal ginjal muncul pada kondisi asupan cairan berlebihan. Namun, pada kenyataannya kedua gejala ini sering tumpang tindih dan sulit ditentukan secara meyakinkan penyebabnya hanya dari gejalanya saja.

    Gagal jantung dan gagal ginjal sama-sama berkaitan dengan status berlebihannya cairan dalam tubuh (overload cairan) dan sama-sama bisa menyebabkan pembengkakan paru (edema paru) dan timbunan cairan dalam selaput paru (efusi pleura) dan dengan demikian penyebab sesak tidak bisa dibedakan secara klinis. Yang membedakan keduanya ialah fungsi dari masing-masing organ, karena itu perlu pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Penyakit Dalam (Sp. PD) dan sering perlu pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, foto Roentgen, rekam jantung dan USG.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma