Tanya Dokter

  • Bekas cesar terasa sakit..

  •  Niako Tetsuya
    Anggota

    Hallo dok,,

    Saya ibu rumah tangga, yang melahirkan anak dengan proses cesar.. mau tanya dok, anak saya sudah berumur 6 th,, baru beberapa hari ini saya merasakan sakit atau kram didaerah bekas cesar.. dan rasa sakit itu muncul kalo saya merasa sedikit lelah, Dan sekarang saya cepat sekali merasa lelah... Tp sebelum"nya tidak pernah merasakan sampai seperti ini.. Kalo saya boleh tau apa penyebabnya dan apakah memang suka terjadi dgn ibu" lain yg proses kelahirannya sama seperti saya??? Sebelumnya Terima kasih dok,,,

    Halo,   Luka operasi yang terasa nyeri setelah proses pemulihan berjalan selama 6 tahun maka perlu dicari dan ditelusuri penyebab dari nyeri Anda secara langsung ke dokter kandungan. Sebaiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter kandungan yang melakukan operasi kepada Anda agar Anda mendapatkan pemeriksaan dan pemahaman yang lebih baik mengenai kondisi nyeri yang Anda alami. Rasa nyeri di tempat operasi normal terjadi saat masa pemulihan, namun biasanya akan reda dengan sendirinya begitu pemulihan berjalan baik tanpa komplikasi kurang lebih 4-6 bulan paska operasi. Terkadang akan timbul mati rasa pada perut bawah yang disayat akibat kerusakan saraf yang terjadi paska sayatan. Dan kondisi ini akan kembali pulih beberapa waktu tergantung proses pemulihan masing masing individu. Rasa nyeri di tempat operasi caesar yang Anda alami mungkin bisa disebabkan karena :

    1. Jaringan skar = keloid/ parut
    2. Perlekatan
    3. Infeksi
    4. Endometriosis
    5. dll.
    Segera periksakan diri Anda untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda. Dengan pemeriksaan seksama dan tes medis seperti USG dll maka diharapkan dokter dapat mengidentifikasi penyebab nyeri Anda. Untuk mengurangi nyeri maka Anda bisa melakukan :
    1. kompres hangat bagian nyeri.
    2. Minum obat pereda nyeri.
    3. Cukup istirahat
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi