Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan bekas luka

  •  blueyes
    Anggota

    Halo. Saya Nina umur 18 th. Dokter, saya ingin berkonsultasi tentang masalah yg menganggu saya selama bertahun-tahun. Masalah kulit. Di kaki saya banyak bekas garukan nyamuk. Luka garukannya sudah sembuh tapi bekasnya jadi hitam, rata sama kulit. Kayak bopeng-bopeng gitu lho, dok. Saya udah berhenti gak garuk-garuk kaki lagi kalo gatal tapi bekasnya gak ilang-ilang dok. Cara alami yg bisa memudarkan sekaligus menghilangkan bekas-bekas ini gimana ya? Biar low budget gitu, dok. Kalo berobat ke dokter, saya harus berobat ke dokter apa?

    Halo,   Bekas garukan yang berwarna kehitaman disebut dengan istilah hiperpigmentasi pasca inflamasi yang sering terjadi akibat penumpukan sel melanin (sel warna kulit) akibat peradangan sebelumnya. Untuk menghilangkan bekas kehitaman ini akan membutuhkan waktu yang berbeda beda tergantung dari kedalaman bekas luka. Semakin dalam peradangan, maka semakin dalam pula bekas kehitaman dan semakin lama pula membutuhkan waktu untuk memudar. Prinsip dasarnya bekas tersebut akan menghilang seiring dengan pertumbuhan kulit setiap 21-28 hari, namun jika bekas semakin dalam maka waktu yang dibutuhkan akan semakin lama dan biasanya bercak akan semakin gelap. Anda bisa menggunakan beberapa tips alami untuk membantu memudarkan bercak kehitaman tersebut dengan :

    1. Melakukan scrubbing 1 bulan sekali. Gosok dengan perlahan bagian yang hitam, hindari menggosok terlalu kuat yang justru bisa menimbulkan bercak semakin hitam.
    2. Gunakan perasan lemon yang memiliki efek memutihkan secara alami, hindari melakukan ini pada luka terbuka.
    3. Gunakan lotion pelembab khusus yang memiliki efek memutihkan dan mengandung bahan alami seperti arbutin, asam kojic dll.
    4. Gunakan celana panjang agar kaki Anda tidak terekpsose dengan sinar matahari berlebihan.
    5. Gunakan tabir surya jika berenang atau berada di sinar matahari lama.
    6. Hindari menggaruk jika terasa gatal, Anda bisa mengompres dingin, mengoleskan lotion calamin dll untuk mencegah bercak baru.
    Jika keluhan bercak kehitaman Anda tidak membaik atau Anda tidak cukup sabar melihat hasilnya maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter bisa memberikan Anda krim pemutih yang cukup aman atau melakukan tindakan lain seperti peeling khusus, mikrodermabrasi, laser dll. baca diskusi mengenai Bercak kehitaman yang menganggu. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi.