Tanya Dokter

  • Solusi atasi bekas jerawat kemerahan

  •  Leviathanstr
    Anggota
    Dok, saya memiliki noda jerawat merah (pie) kadang bekasnya itu memudar dan ada yg hilang, tapi terkadang muncul lagi kenapa ya ?
    Leviathanstr  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Leviathanstr, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Jerawat adalah kondisi yang terjadi akibat faktor interna (hormon, genetik, stress, dsb) dan faktor eksterna (kebersihan wajah, paparan debu, dsb). Pada beberapa kondisi jerawat dapat hilang dengan sendirinya atau perlu penanganan dengan obat obatan, dan tidak jarang setelah selesai pengobatan atau proses penyembuhan -- jerawat menimbulkan bekas. 

    Bekas jerawat dapat timbul berupa noda kemerahan, kehitaman, rolling (kulit bergelombang dan tidak rata), ice pick (kulit berlubang seperti tertusuk benda tajam), dan boxcar (cekungan dalam berbentuk bulat / oval). Bekas jerawat kemerahan dapat ditangani dengan produk yang dijual bebas berupa krim yang mengandung pencerah untuk menyamarkan bekas jerawat (namun pastikan krim tersebut sudah terdaftar di BPOM). Selain dengan produk bebas, penanganan bekas jerawat juga bisa dilakukan dengan obat dengan resep dokter, dan perawatan wajah berteknologi tinggi (mesoterapi, mikrodermabrasi, chemical peeling, laser, filler injection, punch technique, subcision, dan dermaroller). Mengenai munculnya bekas jerawat kembali, hal ini dapat disebabkan karena jerawat baru yang timbul dan meninggalkan bekas, atau akibat penggunaan krim wajah yang tidak sesuai sehingga meninggalkan bekas akibat peradangan (baik karena alergi / iritasi). Sementara ini kami sarankan untuk :

    • Menjaga kebersihan daerah wajah terutama setelah beraktifitas
    • Menggunakan kertas pembersih minyak diwajah dengan perlahan dan tidak berlebihan -- hanya bila dirasa minyak berlebih
    • Hindari paparan sinar matahari secara langsung -- gunakan tabir surya
    • Hindari memencet jerawat
    • Pastikan tangan bersih sebelum menyentuh wajah
    • Hindari penggunaan krim pada wajah yang tidak tahu status keamanan nya bagi kulit Anda

    Kami tidak dapat memastikan penyebab kondisi Anda jika hanya melihat dari keterangan yang Anda berikan tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung. Oleh karena itu sebaiknya Anda menemui dokter, untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaaat. Salam, dr Prasetyo