Tanya Dokter

  • Bekas lebam setelah lepas perban insisi chalazion

  •  Tito S
    Anggota
    Siang dok. Saya ingin bertanya terkait penyakit saya yaitu chalazion yang beberapa waktu lalu sudah di insisi. Namun ketika saya membuka perban (sesuai anjuran dokter). Mata saya justru terlihat lebam dan menghitam dibagian kelopak mata atas dari ujung kanan ke ujung kiri bekas chalazionnya atau penyakitnya dan saat saya lihat lebih teliti lagi mata saya masih terdapat benjolan/ bulatan chalazion di bagian kiri kelopak atas yang membuat saya stress dok. Bagaimana dok menurut dokter tentang penyakit saya ini

    Dear Tito,

    Benjolan pada kelopak mata dapat disebabkan oleh:

    Kalazion merupakan benjolan pada kelopak mata akibat gangguan fungsi kelenjar meibom. Kelenjar ini berfungsi untuk menghasilkan komponen lemak yang membantu membuat bagian lapisan luar mata tetap lembap. Gangguan terhadap fungsinya bisa menyebabkan mata menjadi kering. Penyumbatan kelenjar meibom menimbulkan benjolan yang berisi cairan, inilah yang dinamakan kalazion.

    Kalazion umumnya tidak berbahaya namun bila ukurannya makin membesar dapat menekan bola mata sehingga membuat penglihatan menjadi kabur. Seperempat hingga setengah penderita kalazion akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu setelah dua minggu hingga enam bulan.

    Anda perlu berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis mata kembali di mana dokter akan melakukan analisis gejala dan pemeriksaan fisik. Terapi  yang tepat akan dokter berikan.

    Anjuran berikut dapat Anda lakukan:

    • jangan mengucek-ngucek mata
    • cuci tangan sebelum dan setelah menyentuh kelopak mata
    • hindari paparan debu berlebihan
    • jaga kebersihan area sekitar mata
    • hindari memberi obat tanpa resep dokter


    Artikel berikut bisa Anda baca:

    Benjolan pada kelopak mata

    Semoga bermanfaat dan salam,

    dr. Rony Wijaya