Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan bekas luka berwarna hitam

  • Dok saya habis kecelakaan dan luka pada pada wajah dan kaki,, setelah luka saya kering saya kelupas kulit keringnya hingga berwarna pink, setelah itu saya ke dokter kulit dan diberi salep untuk menghilangkan warna pink tersebut,, setelah saya menggunakannya luka pink saya hilang tetapi meninggalkan bekas berwarna hitam, menurut dokter itu bagaimana?? Saat kecelakaan diwajah saya terkena aspal hingga robek sedikit sampe sekarang luka diwajah saya tersebut berwarna hitam dan tidak sembuh , kirakira obat apaa yang cocok dok??

    Halo,   Bekas luka yang berwarna kehitaman memang memerlukan waktu lama untuk memudar dan memiliki warna kulit yang kurang lebih serupa dengan kulit wajah yang asli. Untuk mempercepat dan mengurangi warna kehitaman tersebut Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :

    1. Gunakan tabir surya setiap keluar rumah. Ulangi penggunan tabir surya ini jika Anda berada cukup lama di bawah sinar matahari.
    2. Gunakan krim pemutih yang aman dan terdaftar BPOM.
    3. Jika terdapat bekas luka parut yang sedikit tebal Anda bisa menggunakan salep khusus untuk mengurangi penebalan kulit tersebut.
    4. Hindari memegang bagian kehitaman terlalu sering.
    5. Perbanyak konsumsi vitamin C seperti jeruk, kiwi, berry dll.
    6. Gunakan masker wajah setiap 2 minggu sekali.
    7. Jika luka sudah menyembuh sempurna Anda bisa menggunakan scrubbing ringan.
    8. Gunakan krim dokter kulit khusus.
    9. Lakukan laser untuk menghilangkan luka dan bekasnya.
    Semua tindakan diatas akan membutuhkan waktu minimal 3-6 bulan untuk memperbaiki kondisi Anda, karena kulit kita akan beregenerasi  setiap 21 hari maka Anda membutuhkan waktu yang cukup lama agar mendapatkan hasil yang baik. baca topik Bekas luka. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi