Tanya Dokter

  • Kulit terasa tebal / mati rasa pada perut bagian bawah bekas caesar

  • Dok.. sy melahirkan anak kedua bulan mei lalu, namun akhir2 ini bekas luka cesar ini terkadang ngilu.. dan 2hr ini serasa mati rasa jika dipegang..awalnnya gatal kemudian sy garuk tp seperti mati rasa.. pas di ujunh jahitan normal, dipegang pun ada rasanya.. tp pas di jahitan bahkan bagian atas dan bawahnya, mati rasa.. kenapa ya dok? Apakah normal?

    Halo,   Kulit terasa tebal / mati rasa pada perut bagian bawah paska operasi caesar normal terjadi. Hal ini terjadi karena saat proses penyayatan kulit saat operasi caesar ada saraf kulit yang ikut terpotong sehingga menimbulkan efek samping kulit perut yang mati rasa. Normalnya kondisi ini akan kembali seperti semula dengan sendirinya beberapa bulan kemudian tergantung dari proses pemulihan masing masing individu. Namun jika keluhan mati rasa baru dialami beberapa lama setelah operasi maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter terdekat. Beberapa kemungkinan penyebab keluhan Anda antara lain adalah :

    1. Infeksi virus herpes zooster.
    2. penebalan kulit  = keloid, parut hipertrofik dll.
    3. perlengketan paska operasi
    4. Infeksi
    5. dll.
    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter yang melakukan operasi. Dokter akan memeriksa dan melakukan pemeriksaan fisik yang perlu untuk mengetahui sumber penyebab keluhan Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan. Baca artikel Operasi caesar. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi