Tanya Dokter

  • bekas luka terbakar di wajah

  • selamat malam dok. gini saya pernah baca di kalau bawang putih bisa menghilangkan jerawat di muka, lalu saya mencobanya tapi saya tdk tau efek samping dari bawang putih tersebut jika di gunakan berlebihan. akibatnya muka saya timbul noda warna hitam gitu akibat luka terbakar oleh bawang putih. nah pertanyaan saya bagaimana wah dok caranya untuk menghilangkan warna hitam di wajah akibat bawang tersebut??

    tolong di jawab yah dok!!

    Halo,   Bercak kehitaman di wajah akibat iritasi berlebih karena penggunaan bawang bisa menghilang namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Bercak kehitaman ini bisa dibantu untuk sedikit lebih samar dengan cara :

    1. Membersihkan kulit muka dengan baik 2 kali sehari.
    2. Mengoleskan krim pemutih yang aman, baca etiket penggunaan secara baik. Beberapa krim pemutih hanya boleh digunakan saat malam hari dan tidak boleh terkena sinar matahari langsung untuk mencegah bercak menjadi lebih hitam.
    3. Menggunakan produk pemutih wajah secara wajar.
    4. Menggunakan metode tradisional dengan menggunakan masker dari bahan alami seperti perasan air lemon, dll.
    5. Makan banyak vitamin C yang dipercaya bisa mencerahkan kulit.
    6. Menggunakan tabir surya jika berada dibawah sinar matahari langsung.
    7. Menggunakan pelindung seperti topi / payung jika berada lama di bawah sinar matahari.
    8. Hindari mengelupaskan kulit yang berbercak.
    Pengobatan bercak kehitaman membutuhkan waktu bulanan - tahunan untuk kembali sempurna, jadi kesabaran dan konsistensi Anda akan diperlukan. Hindari menggunakan produk muka secara berlebihan karena selain boros dan tidak memberikan efek lebih cepat, hal ini justru akan memberikan efek samping yang merugikan. Baca artikel mengenai Memutihkan kulit dengan bijak. Jika Anda ingin bercak lebih cepat hilang maka silahkan Anda menghubungi dokter kulit terdekat untuk perawatan lebih jauh dengan menggunakan metode seperti :
    1. Peeling.
    2. Facial.
    3. Mikrodermabrasi.
    4. Laser
    5. dll
    Semoga membantu.   dr. Yusi