Tanya Dokter

  • bellpalsy

  •  made astika
    Anggota

    selamat sore dok . saya made astika saya ingin bertanya tentang belpalsy .saya sudah terkana bellpalsy hampir 2 bulan ini sampai sekarang masih dok .saya sudah lakukakan terapi hampir sudah 16 kali terus tukang pijat saraf 6 kali tapi belum dapet hasil yang memuaskan .dah sekarang saya mulai terapi akupreser doc.mohon doc bisa memberikan saran dan pengobatan yang baik doc .sangat berharga bagi saya informasinya doc .

    salam dan terimakasih made

    Selamat siang, Bell's palsy adalah suatu penyakit yang mengenai saraf wajah (saraf VII/fasialis) yang menyebabkan kelumpuhan salah satu sisi pada otot wajah. Pada sebagian besar  kasus penyakit ini bersifat sementara dan penderita dapat pulih kembali setelah kurang lebih enam bulan, tetapi ada juga kemungkinan kelumpuhan otot wajah bersifat seumur hidup (permanen). Penyebabnya sampai saat ini belum diketahui dengan pasti, beberapa dugaan seperti infeksi virus atau peradangan saraf yang mengontrol salah satu sisi wajah. Gejala yang muncul berupa :

    • Sulit untuk menggerakan sebagian otot wajah
    • Tidak bisa menutup salah satu mata
    • Sulit untuk tersenyum
    • Pada sisi yang lumpuh terjadi penurunan produksi air mata, liur dan juga kemampuan indera perasa (pengecap)
    • Nyeri kepala, nyeri dibelakang telinga dan sekitar rahang pada sisi wajah yang terkena
    Pengobatan yang diberikan pada penderita bell's palsy adalah dengan dilakukan fisioterapi dan obat-obatan (steroid) untuk mengurangi peradangan. Tentunya perlu dilakukan konsultasi terlebih dahulu oleh dokter spesialis saraf untuk dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan seperti pemeriksaan EMG dan radiologi (CT- Scan atau MRI) kepala. Anda dapat membaca artikel berikut: Bell's palsy Semoga informasi diatas dapat membantu, dr. Rievia  

    made astika  made astika
    Anggota

    selamat pagi doc sekali lagi mau tanya dok .kalo fisioterapi itu dibarengin fisio terapi akupreser itu labih cepat bisa sembuh gak doc ?

    Selamat siang Ada kemungkinan untuk sembuh lebih cepat jika dilakukan pengobatan dengan fisioterapi dan akupuntur berbarengan jika dilakukan oleh ahlinya. Tetapi pada umumnya proses penyembuhan setiap orang tidak sama atau berbeda-beda bergantung dari berat ringannya penyakit yang diderita dan daya tahan tubuh si penderita. Pada kasus yang ringan tentunya proses penyembuhan akan lebih cepat daripada kasus yang lebih berat. Terima kasih, dr. Rievia

    made astika  rivaldino
    Anggota

    Selamat sore doc. Saya udah 3tahun ini terkena bellpalsy di sisi wajah sebelah kiri. Penyebabnya sering begadang dan dibarengi wajah saya kena kipas angin. Saya udah berobat kemana-mana dok dari fisioterapi. Akupuntur. Obat kampung selama 1tahun. Alhamdulillah udah sembuh tapi belum sembuh total doc. Masi 70% kalau senyum bibir mencong kekanan. Terus kalau katawa mata sebelah kiri menutup doc. Sudah 2tahun lebih ini saya berhenti berobat. Karna sibuk bekerja diluar kota tolong bantuan nya doc biar saya bisa sembuh total saya selalu merasa minder(tidak pede)