Tanya Dokter

  • Belum bisa tengkurap pada bayi usia 6 bulan

  •  Rekha Friskha
    Anggota
    Hallo dok, saya ingin bertanya. Anak saya skrg sudah mau 6bulan, tapi sampai saat ini dia blm bisa tengkurap. Berpengaruh tidak dok, berat badan dia saat ini sudah 8kg. Apa krna berat badannya nya dia lambat untuk tengkurap? Dan bagaimana caranya agar dia cepat tengkurap. Mohon jawabannya dok. Terima kasih

    Halo, terima kasih sudah bertanya di alodokter.com

    Perkembangan setiap anak sangatlah unik dan dapat berbeda - beda pada setiap anak. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, diantaranya usia kelahiran ( bayi prematur biasanya lebih lambat ), stimulasi, asupan gizi, lingkungan, dll.

    Pada umumnya, bayi usia sekitar 3 bulan memang sudah bisa tengkurap, dan pada usia 4 bulan sudah dapat membalikkan diri dari posisi tengkurap. Pada saat usia bayi 5 bulan, biasanya bayi sudah dapat mulai duduk, walaupun duduk hanya sebentar 

    Akan tetapi ukuran yang tersebut hanyalah rata - rata, sebagian bayi dapat melakukannya lebih cepat ataupun bisa saja lebih lambat. Berikut hal yang dapat Anda coba lakukan untuk merangsang anak Anda tengkurap:

    • Mencoba untuk memposisikan bayi tengkurap selama kurang lebih 30 menit sehari, waktu dapat dibagi - bagi, dan jangan melakukan hal ini setelah bayi menyusu karena dapat menyebabkan muntah.

    • Memberikan mainan yang menarik sehingga ia ingin menjangkaunya dengan tengkurap

    • Membiarkannya memegang jari Anda dan Anda bisa membantunya pelan-pelan untuk tengkurap

     

    Saya sarankan untuk membawa anak Anda untuk dilakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis anak, guna memastikan apakah terdapat kondisi medis tertentu yang mendasari kondisi anak Anda atau tidak. Dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan fisik dan penunjang.

     

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu.

    salam, dr.Sylvia