Tanya Dokter

  • Penyebab belum mendapat haid selama 4 bulan

  • Halo dok.. Saya remaja berusia 18 tahun. Sudah 4 bulan terhitung da ri agustus saya belum datang menstruasi. Terakhir saya haidh darahnya berwarna gelap dan agak bau. Bagaimana dok? Apakah itu wajar? Bagaimana agar saya bisa teratur haidh lagi..

    Hai Aisyah nurul izzati. Terima kasih atas pertanyana anda.

    Menstruasi merupakan siklus rutin wanita yang muncul tiap 21-35 hari terhitung dari hari pertama menstruasi.  Namun pada beberapa wanita ada yang mengalami gangguan pada menstruasi baik dari lamanya menstruasi, jumlah darah pada saat menstruasi, atau atau keteraturan dari datangnya menstruasi.

    Kondisi dimana anda tidak mengalami haid sama sekali selama 4 bulan dapat disebut amenore. Beberapa hal yang dapat menyebabkan Amenore yaitu :

    • Amenore Primer : Terlahir dengan sistem reproduksi yang tidak lengkap, Kelainan pada selaput dara, gangguan pada otak bagian Hipotalamus (bagian otak yang mengendalikan hormon), gangguan keseimbangan hormon, gangguan pada sel telur, kelainan kromosom, dll.
    • Amenore Sekunder :Kehamilan, Pemakaian alat kontrasepsi, Pola hidup sehari-hari Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) yaitu kumpulan gejala yang disebabkan oleh kista kecil di dalam induk telur, Penyakit tiroid, stress, dll

    Untuk mengetahui penyebab dari keluhan anda sebaiknya Anda menemui dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan terapi senjutnya berdasarkan penyebab keluhan anda. Sambil menunggu waktu kujungan anda dapat melakukan beberapa hal berikut dirumah : hindari diet atau olahraga berlebih, makan makanan bergizi, hindari stress, hindari alkohol dan rokok. 

    Semoga Bermanfaat, 

    Salam, dr. Dian