Tanya Dokter

  • Belum menstruasi setelah nifas dan tidak memberikan asi eksklusif

  • Selamat siang dok, sy mau tanya.

    setelah melahirkan saya langsung di pasang IUD yang 8 tahun.selama masa nifas saya slalu merasakan mules seperti mau melahirkan dan saya kluar darahnya lbh dari 40 hari. tapi kenapa setelah itu saya belum mens lagi ya dok? karna saya jg tidak memberikan asi eksklusif ke anak saya (4 bulan).

    dan sekarang2 saya pun merasakan mules kembali. apakah itu normal dok?

    Novita Liebe Dich  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Novita,

    Masa nifas merupakan masa dimana tubuh wanita beradaptasi untuk mengembalikan kondisi seperti waktu sebelum hamil. Masa ini dapat berlangsung selama 6 minggu (42 hari) paska melahirkan dan dapat disertai keluarnya lochea (darah nifas) melalui kewanitaan yang karakteristiknya berubah-ubah sesuai dengan jarak waktu melahirkan.

    Setelah masa nifas berakhir maka Anda akan mengalami menstruasi kembali, namun umumnya akan terjadi gangguan siklus menstruasi dan ini merupakan hal yang normal bila tidak disertai keluhan lain seperti nyeri perut hebat, demam, ataupun keluarnya cairan yang tidak biasa melalui vagina (berbau, berwarna hijau, dsb).

    Selain gangguan menstruasi, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh pengunaan KB IUD (kontrasepsi didalam rahim) karena KB tersebut dapat menimbulkan respon peradangan pada rahim yang menyebabkan gangguan menstruasi ataupun rasa nyeri/tidak nyaman pada perut/pinggang.

    Bila keluhan yang Anda alami sangat berat maka saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan agar mendapat penanganan lebih lanjut terkait kondisi Anda. 

    Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

    Masa nifas - Sisi positif dan negatif kontrasepsi spiral

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono