Tanya Dokter

  • Belum merasakan tanda-tanda melahirkan

  •  ArTha Viea
    Anggota

    Siang dok.. Usia kandungan saya sekarng memasuki 40 minggu tp blm ada tnda2 melahirkan, menurut hasil pemeriksaan dktr kandngn saya 3 minggu yg lalu seharusnya akhir bln okt sudh keluar tp sampai skrg blm, dan baru 3 hari kmren ke bidan katanya sudah mask panggul tp saya blm mersakan tanda2 nya, saya khawatir ini kehamilan pertama dan inginnya lahir normal, bagaimana mnurut dkter?

    Hai Kehamilan dikatakan melebihi waktu persalinan seharusnya (postdate) bila usia kandungan sudah melebihi 42 minggu karena pada usia kandungan tersebut kondisi ari-ari sudah tidak terlalu baik, dan air ketuban juga sudah semakin berkurang. Oleh sebab itu bila belum ada tanda-tanda persalinan maka perlu dilakukan tindakan induksi persalinan dengan metode tertentu bila tidak ada kontraindikasi atau dengan persalinan melalui sesar bila induksi persalinan tidak memungkinkan. Induksi persalinan dilakukan untuk mempercepat pembukaan leher rahim serta kontraksi rahim, persalinan tetap dilakukan secara normal melalui vagina. Biasanya dilakukan terutama bila usia kandungan sudah melewati 42 minggu atau air ketuban sudah keluar, berkurang, namun belum ada tanda-tanda persalinan. Jika setelah tanggal perkiraan kelahiran bayi Anda (40 minggu) belum juga menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan dan tidak ada masalah kesehatan serius baik pada janin ataupun pada ibu, sebaiknya Anda tetap tenang dan berpikiran positif, dokter biasanya akan menunggu hingga dua minggu dengan catatan melakukan kontrol rutin secara intensif setiap 3 hari pada bidan Anda. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Prosedur induksi untuk mempercepat persalinan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    ArTha Viea  ArTha Viea
    Anggota

    Okeh terimakasih dok, sangat membantu.. Tp dok untuk kaki bengkak dan tangn yg sering kram saat bangun tidur apakah hal wajar? Kaki & tangan saya bengkak setelah memasukin usia kandungan 39minggu.