Tanya Dokter

  • benang steril dan infeksi vagina

  •  cicilia
    Anggota

    Siang dokter. Saya ibu rmh tangga dgn 3 anak skr usia 34thn. 4thn lalu saya melahirkan normal dan langsung steril. Yg ingin saya tanyakan 1. Knp benang steril dipusar msh ada? 2. Tgl 18 maret 2015 check ke dokter katanya saya ada infeksi di dlm vagina. Kata dokternya itu dr air atau sabun yg masuk. Diksh obat Flagyl (suntik), mycoral 200 jg ciprofloxacin 500mg. Knp obat2 itu bikin mual jg sakit mules seperti mau melahirkan? Terima kasih banyak sblmnya

    Hai,  

    1. Jika Anda merasa masih terdapat benang pada pusar segera kontrol kepada dokter yang melakukan operasi agar benang tersebut bisa dilepas.
    2. Obat yang diberikan kepada Anda memang memiliki efek samping mual (flagyl dan ciprofloxasin) sementara untuk rasa mulas diakibatkan karena kontraksi rahim yang mungkin diakibatkan  efek obat.
    Jika keluhan rasa mulas seperti mau melahirkan sangat menganggu maka segera kontrol kembali kepada dokter yang melakukan tindakan kepada Anda. Biasanya gejala akan menghilang dengan sendirinya begitu pengobatan selesai atau obat dihentikan. Flagyl adalah antimikroba bakteri anaerob untuk pengobatan pada infeksi saluran reproduksi dll. Memiliki efek samping :
    1. Mual
    2. sakit perut
    3. sakit kepala
    4. pusing
    5. warna urin kehitaman dll
    Dosis disesuaikan dengan jenis infeksi yang terjadi pada setiap individu. Ciprofloxasin adalah antibiotik golongan kuinolon yang merupakan antibiotik broad spectrum. Dosis disesuaikan dengan kondisi medis yang berbeda pada setriap orang. Efek samping tersering adalah :
    1. Mual
    2. Nyeri perut
    3. sakit kepala
    4. sering buang gas
    Semoga membantu.   dr. Yusi

    cicilia  cicilia
    Anggota

    Dokter Yusi thx utk jawabannya. Atas saran keluarga kami pindah dokter. (Maaf sblmnya krn disurat sblmnya saya lupa ksh tau bahwa saya mengalami pendarahan dr tgl 13-sekarang tgl 27). Dokter yg kedua bilang tdk ada infeksi jd semua obat2an itu diminta utk stop. Katanya ini semua hanya krn gangguan hormon. Utk sementara diksh obat norelut. Gangguan hormon terjadi krn apa ya dokter Yusi? Apakah krn makanan atau yg lain? Terima kasih banyak sblmnya dokter Yusi utk waktunya membaca jg membalas pertanyaan saya

    Hai,   Gangguan hormon /ketidakseimbangan hormon bisa disebabkan dari luar tubuh atau dari dalam tubuh itu sendiri. Secara umum penyebab gangguan hormon bisa disebabkan :

    1. Polikistik ovarii = tubuh memproduksi hormon androgen berlebih.
    2. Prolaktinoma = tumor pada hipofise yang menyebabkan pembentukan hormon prolaktin berlebih.
    3. Stress yang tinggi
    4. Penggunaan Kontrasepsi hormonal
    5. Kafein dalam kopi
    6. Kurang istirahat.
    7. Makanan yang kaya hormon estrogen seperti produk kedelai.
    8. Obat -obatan
    9. Diet ketat / Malnutrisi
    10. dll
    Untuk mencari penyebab perdarahan Anda maka pemeriksaan seperti USG, tes darah dll akan diperlukan. penanganan akan disesuaikan dengan kondisi medis yang menjadi penyebab keluhan Anda. Untuk mengurangi gangguan keseimbangan ini ada beberapa hal yang bisa diubah seperti :
    1. Hindari kopi
    2. Istirahat cukup
    3. Makan gizi seimbang
    4. Hindari konsumsi makanan yang kaya estrogen berlebihan.
    5. olahraga rutin
    Namun untuk permasalahan yang berasal dari tubuh seperti polikistik ovarii dan prolaktinoma maka sebaiknya Anda mengkonsultasikan langsung kepada dokter kandungan Anda. Semoga membantu.   dr. Yusi