Tanya Dokter

  • Apakah penyakit hernia harus operasi lebih dari sekali?

  • Slmt siang dok, maaf mengganggu saya ingin bertanya apakah benar penyakit hernia harus ditangani dengan operasi dan tidak cukup melakukan operasi sekali saja?

     

    terimakasih

    Halo Sharif, Hernia adalah keadaan dimana organ dalam tubuh kita keluar menembus otot atau jaringan yang melemah sehingga terkadang dapat terlihat menonjol pada bagian luar tubuh (kulit). Untuk memeriksa dan memastikan hernia, anda harus melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah. Anda akan dilakukan pemeriksaan secara fisik dan penunjang seperti USG agar diagnosa pasti dapat ditegakkan. Hernia dapat menyebabkan penjepitan dari organ yang menonjol keluar, dalam hal ini misalkan usus. Maka akan menyebabkan sumbatan pada usus dan lama kelamaan dapat pecah dan mengancam nyawa. Untuk mengobati hernia tentu dokter harus mengembalikan organ ke posisi semula dan menjahit agar otot atau jaringan yang lemah tersebut menjadi kuat dan organ tidak keluar lagi dari situ. Dengan kata lain hernia hanya dapat dioperasi. Akan tetapi berikut ada 2 jenis hernia yang tidak memerlukan operasi:

    • Hernia umbilikus, biasanya sembuh sendiri
    • Hernia hiatus, terkadang dapat diberikan obat-obatan, tetapi ada juga yang dioperasi
    Untuk operasi yang dilakukan cukup sekali saja. Diskusi ini dapat bermanfaat juga. Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit