Tanya Dokter

  • Apakah ini benar-benar jamur dan bagaimana penanganannya?

  •  Gita Arnafa
    Anggota

    Salam dok, Nama saya Addel perempuan umur 19 tahun, Saya ingin bertanya dok.. keluhan saya ada bintik" kuning kecil di daerah labiya sekitar klitoris, rasanya gatal meskipun tidak terlalu menggangu.. awalnya ketika menstruasi sebelumnya bagian bawah sepertinya cukup lembab, mulai terasa gatal namun hilang hilang jika bagian bawah sudah cukup kering.. pertanyaan saya apakah benar itu jamur ? Sudah 3 hari lewat saya beri ketoconazole rutin 2-3 kali sehari tetapi bintik bintik terus menyebar, benarkah pengobatan yang saya lakukan dok ? Kalau salah bagaimana seharusnya ?

    Hello, Bintik-bintik kuning yang tumbuh di sekitar organ intim disertai dengan rasa gatal, tidak selalu disebabkan oleh jamur. Sehingga pengobatan dengan ketokonazol (http://www.alodokter.com/ketoconazole) belum tentu dapat menyembuhkan gejala tersebut. Perlu adanya pemeriksaan fisik dan laboratorium terkait dengan gejala tersebut. Beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan gejala-gejala tersebut antara lain :

    1. Infeksi bakteri
    2. Infeksi jamur
    3. Infeksi virus
    4. Reaksi alergi
    5. Dermatitis atau eksim
    6. dan lainnya
    Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter, karena sulit untuk menegakkan diagnose secara tepat dengan hanya berdasarkan konsultasi tanpa pemeriksaan fisik dan laboratorium. Penegakkan diagnose yang tepat sesuai dengan penyebabnya sangat penting untuk menentukan jenis pengobatan yang diberikan. Dibawah ini merupakan hal-hal yang mungkin dapat Anda lakukan dirumah guna menjaga kebersihan daerah organ intim :
    1. Mencuci organ intim dengan air bersih dan sabun yang tidak mengandung bahan kimia
    2. Mencuci dengan gerakan yang searah dari depan ke belakang
    3. Gunakan celana dalam yang berbahan katun
    4. Kurangi pemakaian panty liner yang terlalu sering untuk meningkatkan sirkulasi daerah organ intim
    5. Ganti celana dalam jika basah atau berkeringat
    Berikut adalah laman yang bisa Anda akses untuk mengetahui lebih lanjut mengenai menjaga kebersihan organ intim : http://www.alodokter.com/memahami-kesehatan-dan-kebersihan-organ-intim-anda Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean