Tanya Dokter

  • Benarkah saya menghidap Skizofrenia?

  •  Jason
    Anggota

    Saya ingin bertanya tentang ciri-ciri yang ada pada diri saya sejak kecil. Saya seorang yang sangat ceria dan aktif. Namun begitu, adakalnya saya cepat terasa diasingkan. Malahan terdapat ciri-ciri ini dalam diri saya. Saya agak keliru. Apakah sebenarnya penyakit yang saya hadapi dok?

    Ciri-ciri yang selalu saya hadapi

    -pemikiran saya selalu tidak teratur.

    -sukar tidur jika stress terlampau

    -sering mengigau dalam tidur dan kalupun sudah terjaga dari tidur saya menjadi mamai dalam beberapa minit kemudian secara tiba-tiba tertawa. saya menyedarinya setelah sedar sepenuhnya dari tidur.

    - memendam perasaan marah terhadap seseorang namun tidak meluahkannya. jika orang tersebut marah adakalanya saya akan diam kemudian mencari tempat yang gelap seperti dibawah meja dan sebagainya menangis, menarik2 rambut dan menyalahkan diri sendiri

    -sering bertukar-tukar emosi. kadangkala marah tetapi jika ada sesuatu perkara yang menggembirakan secara tiba-tiba saya ketawa

    -sering membayangkan perlakuan kasar kepada orang yang memarahi dan cuba mengasari saya. seperti membayangkan saya membunuhnya dengan pisau, menghentakkan kepalanya ke dinding, dan sebagainya. Kadang saya terasa seperti melihat masa hadapan.

    -merasa tidak sihat walaupun padahal orang lain melihat saya sihat dan tidak sakit.

    -selalu sakit kepala

    -sering membayangkan masalah

    -selalu membuat perkara yang sama berulang-ulang

    -lupa pada banyak hal-hal yang sebelumnya.

    -berhalusi

    -merasa dendam

    -cepat sedih jika diperlakukan teruk oleh orang-orang kemudian memikirkan hal itu sehingga sakit kepala.

     

    bagaimana untuk mengilangkannya dok? saya sudah tidak tertanggung lagi. :'(

     

    terima kasih dok. Harap bisa membantu saya.

    Hai,   Untuk mendiagnosa keluhan psikologis Anda maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke psikolog / psikiater. Psikiater akan menanyakan tentang keseharian Anda dan keluhan dalam diri Anda dan menganalisa secara seksama mengenai kondisi kesehatan psikologi Anda. Diagnosa skizofrenia tidak bisa ditegakkan hanya berdasar konsultasi semata dari 1 kali pemeriksaan. Memerlukan beberapa kali pertemuan dengan psikolog/psikiater untuk memastikan Anda mengidap skizofrenia (kecuali skizofrenia tahap lanjut yang parah dengan gejala yang jelas). Kemungkinan keluhan psikologis Anda bisa merupakan gangguan seperti :

    1. Depresi
    2. Gangguan bipolar
    3. Neurosis
    4. ciri kepribadian anti sosial
    5. gangguan kepribadian borderline
    6. dll
    Skizofrenia merupakan suatu kondisi gangguan kejiwaan yang timbul pada seseorang dengan mengakibatkan gangguan interaksi antara orang tersebut dengan lingkungannya dan biasanya terjadi pada usia remaja (15 tahun - 35 tahun). Kebanyakan dari penderita skizofrenia adalah mereka yang tidak mampu bersosialisasi atau cenderung menarik diri dari sekitarnya. Keluhan awal bisa berupa gangguan tidur dan perilaku sosial yang cenderung menarik diri. Gejala yang khas yang dialami penderita ini adalah :
    • Halusinasi = dimana panca indra merasakan sesuatu yang tidak ada. Jenis halusinasi bisa berupa halusinasi visual dimana seseorang melihat sesuatu yang tidak ada, halusinasi auditorik yaitu merasa mendengar suara suara yang sebenarnya tidak ada.
    • Delusi = kepercayaan kuat akan sesuatu yang tidak logis/ tidak ada.
    • Pikiran kacau / perubahan perilaku = penderita skizofrenia tidak dapat mengendalikan pikirannya sendiri dan merasa sulit berkonsentrasi. Kadang mereka menggunakan bahasa yang hanya mereka sendiri mengerti (bahasa aneh).
    • Apatis = efek datar dalam menghadapi semua emosi dari luar ( tidak bisa merasa sedih, senang dll)
    • Tidak mau mengurus diri sendiri
    Diagnosis skizofrenia bisa ditegakkan jika seseorang mengalami minimal 2 gejala diatas selama lebih dari 6 bulan dan tidak disebabkan karena gangguan obat obatan. Penanganan skizofrenia adalah dengan pemberian obat untuk menekan halusinasi dan delusi serta terapi sosial / keluarga untuk menumbuhkan kepercayaan diri dlam mengahadapi dunia luar.   Semoga membantu.   dr. Yusi